Samsung Isyaratkan Smartphone Dengan Usia Pakai Baterai Yang Sangat Lama

Baterai merupakan salah satu bagian penting pada smartphone. Karena smartphone memerlukan energi yang besar, sebuah baterai dengan kapasitas yang memadai sangat diperlukan. Lebih lanjut, pada baterai yang dapat dilepas pasang (removeable), baterai dengan daya tahan yang lebih lama tentu lebih ddiminati. Hal yang sama juga terjadi pada baterai tanam (non-removeable). Karena baterai tanam menjadi sumber energi utama sebuah smartphone, akan lebih baik bila baterai tersebut memiliki daya tahan yang lebih lama. Daya tahan baterai telah menjadi salah satu aspek penting dari sebuah smartphone. Tampaknya kita telah menemukan solusi daya tahan baterai dari Samsung.

Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tanggal 18 Agustus 2015 mengumumkan bahwa mereka telah menemukan cara untuk meningkatkan daya tahan baterai untuk penggunaan tak terbatas. Lembaga tersebut bekerja sama dengan Samsung, sehingga baterai jenis terbaru ini kemungkinan akan digunakan pada smartphone Samsung di kemudian hari.

Mungkin Samsung Galaxy S7 atau Note 6 akan menggunakan baterai dengan daya tahan tak terbatas

Caranya adalah mereka akan mengganti kandungan bahan kimia dalam baterai dari berbentuk cairan menjadi padat. Dengan cara tersebut, kandungan bahan kimia berbentuk cairan tidak akan berkurang sehingga kapasitas baterai juga tidak akan berkurang. Sementara itu, dengan penggunaan bahan kimia berbentuk padat, tidak akan terjadi penurunan kapasitas baterai setelah di-charge berulang-ulang. Kita dapat menge-charge baterai tersebut untuk ratusan atau ribuan kali tanpa perlu khawatir baterai tersebut akan melemah dan tidak dapat digunakan lagi. Dengan kata lain, baterai tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang tak terbatas.

smartphone

Lebih lanjut, MIT juga menyatakan bahwa baterai tersebut lebih tahan terhadap suhu panas. Baterai tersebut bahkan tidak mudah terbakar karena tidak mengandung bahan-bahan yang mudah terbakar. Jenis baterai terbaru ini dapat menghemat biaya untuk membeli baterai baru dan penggunaannya pun lebih efisien. Karena baterai banyak menimbulkan masalah kerusakan lingkungan, baterai jenis baru ini akan membawa banyak perubahan dalam hidup kita.

Kami belum mengetahui kapan baterai dengan usia pakai lama ini akan mulai diproduksi, namun ini merupakan sebuah terobosan luar biasa di dunia teknologi. Tidak hanya pada smartphone, kita juga dapat menggunakan baterai tersebut pada perangkat elektronik lainnya. Ketika baterai tersebut hadir, kita akan memasuki teknologi baterai era baru.