Samsung Galaxy S8 vs Nokia 8: RAM 4 GB, Dual 13 MP, …. Super ….

Samsung Galaxy S8 vs Nokia 8 adalah pertarungan dua smartphone papan atas yang menarik untuk dibahas. Nah, keduanya memiliki angka “8” pada namanya. Di antara keduanya, mana yang kalian pilih?

Samsung Galaxy S8 vs Nokia 8

 

Samsung Galaxy S8 vs Nokia 8 – Spesifikasi

Baik Samsung Galaxy S8 maupun Nokia 8 memilikki beberapa persamaan spesifikasi. Dalam hal performa, keduanya diperkuat chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Ya, di beberapa negara termasuk Indonesia, ada pula Galaxy S8 yang hadir dengan chipset Exynos 8895 octa-core 2,3 GHz. Lebih lanjut, keduanya menawarkan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Keduanyanya juga menjalankan Android 7.1 Nougat. Tak hanya itu, keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: di sebelah kanan kamera utama (Samsung) vs di sebelah bawah layar (Nokia).

Berikutnya, mari kita perhatikan perbedaannya. Samsung Galaxy S8 hadir dengan layar Super AMOLED 5,8 inci beresolusi 1440 x 2960 piksel, sedangkan Nokia 8 hadir dengan layar IPS LCD 5,3 inci beresolusi 1440 x 2560 piksel. Kalian mungkin berpikir dimensi Galaxy S8 lebih besar. Ternyata, berkat konsep Infinity Display, Samsung berhasil membuat smartphone ini lebih kecil dari smartphone dengan ukuran layar yang sama atau bahkan sedikit lebih besar. Meski begitu, layar keduanya dilindungi Gorilla Glass 5.

Beralih ke sektor fotografi. Samsung Galaxy S8 dibekali kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera depan 8 MP (f/1.7). Sementara itu, Nokia 8 hadir dengan kamera belakang ganda (13 MP + 13 MP) serta kamera selfie 13 MP. Ketiga kameranya menggunakan lensa Zeiss. Lebih lanjut, yang membuat Galaxy S8 lebih unggul dari Nokia 8 adalah adanya pemindai iris mata, sertifikasi IP68, serta Bixby. Di sisi lain, Nokia 8 sebenarnya juga kedap air dan debu, namun dengan sertifikasi IP54. Nah, yang membuat Nokia 8 berbeda adalah adanya teknologi OZO, memungkinkan kita untuk merekam video dengan suara surround yang menawan.

Samsung Galaxy S8 vs Nokia 8 – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tiap smartphone memiliki keunggulan yang berbeda. Dimensi yang lebih kecil, sertifikasi IP68, dan pemindai iris mata tampaknya menjadi daya tarik dari Galaxy S8. Di sisi lain, penggunaan lensa Zeiss dan teknologi OZO menjadi nilai jual dari Nokia 8. Bagaimana dengan harganya? Harga Nokia 8 berkisar $699 atau Rp 9,4 juta. Sementara itu, di Amerika Serikat, harga Samsung Galaxy S8 yang diperkuat chipset Snapdragon 835 berkisar $750 atau Rp 10 juta. Dengan harga yang tidak berbeda jauh, smartphone mana yang kalian pilih?