Samsung Galaxy Note 8 vs Xiaomi Mi 6 Plus: RAM 8 GB + Baterai 4500 mAh

Samsung Galaxy Note 8 vs Xiaomi Mi 6 Plus adalah dua smartphone premium lainnya yang akan menyapa kita semua di semester kedua tahun ini. Keduanya dipastikan akan memukau perhatian penggila smartphone.

Samsung Galaxy Note 8 vs Xiaomi Mi 6 Plus – Spesifikasi

Di semester pertama 2017, Xiaomi meluncurkan smartphone terbaiknya yaitu Mi 6, sedangkan Samsung meluncurkan duo Galaxy S8. Kedua smartphone ini saling bertarung di segmen smartphone yang diperkuat oleh chipset tertangguh Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 835. Tak puas sampai di sini, kedua produsen tersebut kabarnya akan memperkenalkan smartphone premium lainnya yaitu Galaxy Note 8 dan Mi 6 Plus.

Mari kita perhatikan Xiaomi Mi 6 Plus lebih dahulu. Smartphone ini disiapkan untuk menjadi kakak dari Mi 6 dengan spesifikasi yan sebagian besar sama. Sebagai jantungnya adalah chipset Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 6 GB dan MIUI 9 berbasis Android 7 Nougat. Dalam hal fotografi, Mi 6 akan mewarisi kamera milik Mi 6 yaitu kamera ganda (12 MP + 12 MP) di sisi belakang serta kamera depan 8 MP. Tersedia pula pilihan memori internal 64 GB dan 128 GB (tanpa dukungan slot microSD card). Nah, layarnya akan diperbesar menjadi 5,7 inci namun resolusinya tetap sama yaitu Full HD. Selain itu, kapasitas baterainya juga ditingkatkan menjadi 4500 mAh.

Bagaimana dengan Galaxy Note 8? Samsung tentu mempersiapkannya untuk mengobati kekecewaan konsumen atas insiden Galaxy Note 7 tahun lalu. Beberapa spesifikasinya juga telah dibocorkan. Pada sisi depannya, terdapat layar 6,3 inci dengan resolusi 1440 x 2960 piksel. Seperti diketahui, Galaxy Note 8 juga mengusung konsep “Infinity Display”. Hal ini berarti rasio layar ke bodi juga sangat tinggi. Lebih lanjut, dalam hal fotografi, Galaxy Note 8 akan menjadi smartphone pertama Samsung yang memiliki kamera ganda pada sisi belakangnya. Salah satu kameranya diprediksi beresolusi 12 MP, sama dengan yang dimiliki Galaxy S8. Spesifikasi lainnya yang diyakini akan dibekali pada smartphone ini meliputi chipset Snapdragon 835, RAM 6 GB (mungkin tersedia pula varian dengan RAM 8 GB), memori internal 64 GB dan 128 GB, kamera depan 8 MP, baterai minimal 3500 mAh, IP68, Bixby, serta Android 7 Nougat. Satu hal yang tak boleh dilupakan, sebagai anggota keluarga Galaxy Note, smartphone ini akan dilengkapi stylus pen.

Samsung Galaxy Note 8 vs Xiaomi Mi 6 Plus – Harga

Dari informasi di atas, keduanya siap memanjakan pecinta Samsung dan Xiaomi dengan spesifikasi menawan. Namun, seperti biasa, kualitas layar dan kamera smartphone Samsung akan tetap lebih unggul dari Xiaomi. Namun, terkait harga, smartphone Xiaomi lebih murah. Nah, harga Samsung Galaxy Note 8 dipastikan sedikit lebih mahal dari Galaxy S8 Plus, berkisar Rp 12,5 – 13 juta. Sementara itu, harga Mi 6 Plus diprediksi mulai dari $400. Nah, smartphone mana yang menjadi pilihan kalian?