Samsung Galaxy Note 8 RESMI Meluncur: RAM 6 GB, 6,3 inci, ROM JUMBO 256 GB …..

Seperti yang telah dijadwalkan, di bulan Agustus ini, Samsung resmi memperkenalkan Galaxy Note 8, smartphone yang telah lama dinantikan dan menjadi perbincangan selama beberapa bulan terakhir. Bagaimana spesifikasi yang dimilikinya?

Samsung Galaxy Note 8 – Spesifikasi

Di semester pertama lalu, Samsung sukses memukau semua orang dengan duo Galaxy S8. Hal yang paling impresif adalah konsep “Infinity Display”, yang membuat layarnya diapit bezel atas dan bawah yang cukup tipis. Setelah itu, di kuartal ketiga tahun ini, Samsung kembali menjadi pusat perhatian semua orang berkat Galaxy Note 8. Seperti duo Galaxy S8, Galaxy Note 8 juga hadir dengan konsep Infinity Display. Layarnya berjenis Super AMOLED dan memiliki resolusi 1440 x 2960 piksel. Secara dimensi, Galaxy Note 8 lebih besar dari Galaxy S8 Plus karena dibekali layar 6,3 inci. Layarnya juga memiliki dua sisi lengkung dan dilindungi Gorilla Glass 5.

Dalam hal performa, Galaxy Note 8 tersedia dalam dua model yang diperkuat dua chipset berbeda: Snapdragon 835 dan Exynos 8895. Keduanya hanya dipadukan dengan RAM 6 GB saja, tidak ada varian dengan RAM 4 GB. Hal ini berarti performanya setangguh varian RAM 6 GB dari Galaxy S8 Plus. Menariknya, untuk media penyimpanan, Galaxy Note 8 menawarkan tiga pilihan memori internal, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB, yang masih dapat ditambah dengan microSD card.

Nah, yang membuat Galaxy Note 8 menawan adalah dari aspek fotografi. Galaxy Note 8 adalah smartphone pertama dari Samsung yang hadir dengan kamera belakang ganda. Kamera utamanya beresolusi 12 MP (f/1.7), sedangkan kamera sekundernya juga beresolusi 12 MP namun diafragmanya f/2.4. Tiap kamera dibekali Optical Image Stabilization. Seperti iPhone 7 Plus, kamera belakangnya memiliki kemampuan perbesaran optik 2 kali. Sementara itu, untuk berfoto selfie, tersedia kamera depan 8 MP (f/1.7). Terlihat bahwa kamera utama maupun depannya sama dengan yang dimiliki duo Galaxy S8.

Lebih lanjut, beberapa spesifikasinya juga sama dengan duo Galaxy S8. Pemindai sidik jari tetap terletak di sisi belakang. Di sebelah atas layar juga terdapat pemindai iris mata. Tak hanya itu, Galaxy Note 8 juga menjalankan Android 7 Nougat, kedap air dan debu dengan sertifikasi IP68, serta memiliki Bixby. Nah, sebagai keluarga Galaxy Note, Samsung tentu membekalinya dengan stylus pen. Sayangnya, kapasitas baterainya 3300 mAh, lebih kecil dari baterai Galaxy S8 Plus yang berkapasitas 3500 mAh.

Samsung Galaxy Note 8 – Harga dan ketersediaan

Ada empat pilihan warna yang tersedia yaitu Midnight Black, maple gold, orchid grey, dan deep sea blue. Dengan berbagai spesifikasi mutakhir di atas, harga smartphone ini tentu tidak murah. Harga Galaxy Note 8 dilaporkan mulai dari $930 atau Rp 12,5 juta. Harga ini untuk varian ROM 64 GB dan merangkak naik untuk dua varian yang lebih tinggi. Nah, khusus pemilik Galaxy Note 7, kalian dapat membeli penerusnya dengan harga yang telah dipotong hingga $425 atau Rp 5,7 juta. Di luar negeri, smartphone ini mulai dipasarkan di awal September 2017. Nah, semoga Galaxy Note 8 juga segera dirilis di Indonesia. Kita nantikan saja.