Samsung Galaxy Note 7 vs Galaxy S7 Edge: Apa Perbedaannya?

Samsung Galaxy Note 7 baru saja resmi diluncurkan pada 2 Agustus 2016 dan mampu menarik perhatian banyak orang. Sementara itu, Samsung Galaxy S7 Edge terlebih dahulu meluncur pada ajang MWC 2016 bulan Februari yang lalu. Mari kita telusuri apa perbedaan keduanya.

samsung galaxy note 7 vs S7 edge 2

Samsung Galaxy Note 7 vs Galaxy S7 Edge – Apa perbedaannya?

Yang pertama, mari kita perhatikan persamaan antara Samsung Galaxy Note 7 dan Galaxy S7 Edge. Keduanya diperkuat chipset yang sama. Tersedia dua pilihan chipset tergantung dari kawasan pemasarannya yaitu Snapdragon 820 dan Exynos 8890. Keduanya juga diperkuat prosesor dengan delapan inti yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Memori internalnya berkapasitas 64 GB dan dapat ditambah dengan microSD card (Galaxy S7 Edge tersedia dengan memori internal 32 GB). Keduanya juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow.

Lebih lanjut, kedua kamera yang dimiliki Samsung Galaxy Note 7 vs Galaxy S7 Edge juga sama. Kamera utamanya beresolusi 12 MP dengan teknologi Dual Pixel, diafragma f/1.7, Optical Image Stabilization, Phase Detection Autofocus, dan kemampuan merekam video beresolusi 4K. Sementara itu, kamera depannya beresolusi 5 MP dengan diafragma f/1.7. Keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari, dua slot SIM card, dan fitur kedap air dan debu (IP68). Secara umum, spesifikasi keduanya sama, sehingga kami dapat mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note 7 adalah versi Note dari Galaxy S7 Edge.

samsung galaxy note 7 vs S7 edge

Sekarang, mari kita perhatikan perbedaan Samsung Galaxy Note 7 vs Galaxy S7 Edge. Layar Galaxy Note 7 berukuran 5,7 inci, sedangkan Galaxy S7 Edge 5,5 inci. Namun, layar keduanya beresolusi Quad HD dan terdapat lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Baterai sebagai sumber energi Galaxy S7 Edge lebih besar, 3600 mAh vs 3500 mAh pada Galaxy Note 7. Hal yang tidak ditemukan pada Galaxy S7 Edge namun ada pada Galaxy Note 7 adalah pemindai iris mata, kaca pelindung Gorilla Glass 5, dan tentunya stylus pen.

Samsung Galaxy Note 7 vs Galaxy S7 Edge – Perbandingan harga

Harga Samsung Galaxy Note 7 berkisar $850 atau mendekati Rp 11 juta, bervariasi tergantung dari penawaran setiap toko. Sementara itu, varian Samsung Galaxy S7 Edge dengan memori internal 32 GB dijual sekitar Rp 10,5 juta. Ya, dengan harga yang tidak terlalu berbeda jauh, tampaknya sedikit membingungkan para konsumen. Namun, bila ingin memiliki smartphone yang lebih baru dan sedikit lebih mutakhir, pilihlah Samsung Galaxy Note 7.