Samsung Galaxy Note 7 Resmi Meluncur: RAM 4 GB & Snapdragon 820

Setelah berbagai rumornya beredar selama beberapa bulan terakhir ini, akhirnya pada 2 Agustus 2016, penantian kita untuk melihat wujud nyata Samsung Galaxy Note 7 berakhir karena Samsung baru saja secara resmi memperkenalkannya di New York, Amerika Serikat.

Samsung Galaxy Note 7 6

Samsung Galaxy Note 7 resmi meluncur

Samsung Galaxy Note 7 menjadi yang pertama dari keluarga Galaxy Note yang memiliki layar dengan dua lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Layarnya sendiri berjenis Super AMOLED dengan bentang 5,7 inci beresolusi Quad HD, sama seperti yang dimiliki Galaxy Note 5, namun ditambahkan fitur HDR yang membuat layarnya dapat menampilkan gambar dengan warna dan ketajaman yang lebih baik.

Untuk mendapatkan performa maksimal, Samsung Galaxy Note 7 diperkuat chipset Snapdragon 820 atau Exynos 8890 (tergantung kawasan penjualannya) yang didukung RAM 4 GB LPDDR4. Hal ini tampaknya sedikit mengejutkan kita semua karena sebelumnya smartphone ini kabarnya akan dibekali chipset Snapdragon 821 atau Exynos 8893 dan RAM 6 GB. Memori internalnya yang diketahui hingga saat ini berkapasitas 64 GB yang untungnya didukung slot microSD card. Belum ada informasi apakah akan tersedia varian dengan memori internal 128 GB.

Samsung Galaxy Note 7 7

Kedua kameranya meminjam dari Galaxy S7, yaitu kamera utama 12 MP berteknologi dual-pixel dengan diafragma f/1.7, OIS, dan kemampuan merekam video 4K, serta kamera depan 5 MP untuk berfoto selfie. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3500 mAh, lebih kecil 100 mAh dari baterai Galaxy S7 Edge. S Pen sebagai ciri khas dari keluarga Galaxy Note juga telah diperbaharui karena dapat digunakan untuk menulis di bawah permukaan air. Wow! Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 6.0.1 Marshmallow.

Lebih lanjut, selain menjadi yang pertama dengan layar lengkung, Samsung Galaxy Note 7 juga menjadi yang pertama di antara anggota keluarga Galaxy Note yang dibekali fitur anti air dan debu *IP68) dan USB Type C. Untuk sistem keamanannya, selain pemindai sidik jari, smartphone ini juga dilengkapi pemindai iris mata, sehingga kalian dapat menyimpan semua data pribadi dengan lebih aman. Smartphone dengan bingkai logam yang diapit dua Gorilla Glass 5 melengkung ini memiliki dimensi 153,5 x 73,9 x 7,9 mm dan berat 169 gram.

Samsung Galaxy Note 7 5

Samsung Galaxy Note 7 – Harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy Note 7 tersedia dalam empat pilihan warna yaitu Gold Platinum, Silver Titanium, Black Onyx, dan Blue Coral. Smartphone ini tetap terlihat menawan dengan warna apapun. Bila kalian berminat, kami informasikan bahwa harga Samsung Galaxy Note 7 cukup bervariasi tergantung penawaran setiap toko, namun pastinya sekitar Rp 850 atau mendekati Rp 11 juta. Smartphone ini akan mulai tersedia di beberapa negara pada 19 Agustus 2016 dan kemungkinan besar masuk Indonesia pada September 2016.