Samsung Galaxy C9 Pro vs Oppo F3 Plus: RAM 6 GB + Baterai 4000 mAh

Samsung Galaxy C9 Pro vs Oppo F3 Plus adalah dua smartphone baru yang hadir di Indonesia. Keduanya menawarkan performa tangguh dan kamera berkualitas. Namun, siapa yang lebih unggul?

Samsung-Galaxy-C9-Pro-1

Samsung Galaxy C9 Pro vs Oppo F3 Plus – Spesifikasi

Oppo mengawali tahun 2017 dengan meluncurkan F3 Plus. Nah, smartphone ini harus bersaing dengan Galaxy C9 Pro dari Samsung di pasar karena keduanya memiliki banyak persamaan. Pertama, keduanya hadir dengan bodi berbahan logam yang mewah. Dimensi keduanya juga tidak berbeda jauh karena dibekali layar 6 inci beresolusi Full HD. Selain itu, performa keduanya juga tangguh karena ditunjang chipset Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz (pembaharuan dari Snapdragon 652). Keduanya menjadi smartphone pertama dengan chipset tersebut yang hadir di Indonesia.

Untuk keperluan menyimpan data, Samsung Galaxy C9 Pro dan Oppo F3 Plus menawarkan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol home fisik. Selain itu, keduanya juga menjalankan Android 6.0 Marshmallow. Yang terakhir, sebagai sumber energinya adalah baterai jumbo berkapasitas 4000 mAh.

OPPO-F3-Plus-1

Dua hal ini tampaknya menjadi penentu siapa yang lebih unggul. Galaxy C9 Pro memiliki RAM 6 GB, sedangkan Oppo F3 Plus dibekali RAM 4 GB. Meskipun dengan chipset yang sama, performa Galaxy C9 Pro lebih lancar berkat RAM lebih besar. Dalam hal fotografi, Galaxy C9 Pro hadir dengan kamera utama dan depan beresolusi 16 MP (f/1.9), sedangkan Oppo F3 Plus hadir dengan kamera utama 16 MP (f/1.7) dengan sensor Sony IMX398 dan kamera depan ganda (16 MP + 8 MP). Ya, meskipun sama-sama beresolusi 16 MP, kamera utama Oppo F3 Plus dapat menangkap lebih banyak cahaya berkat diafragma lebih besar. Selain itu, dengan kamera depan ganda, foto selfie yang dihasilkan juga lebih menarik.

Samsung Galaxy C9 Pro vs Oppo F3 Plus – Harga dan ketersediaan

Dengan banyaknya persamaan spesifikasi, kedua smartphone di atas tentu akan bersaing ketat untuk merebut minat konsumen. Performa keduanya tangguh. Namun, tampaknya Oppo F3 Plus akan lebih disukai oleh pecinta fotografi. Bagaimana dengan harganya? Harga Oppo F3 Plus adalah Rp 6,5 juta, lebih murah dari Samsung Galaxy C9 Pro yang ditawarkan dengan harga Rp 7 juta. Nah, setelah membandingkan spesifikasi serta harganya, mana yang kalian pilih?