Samsung Galaxy C9 Pro vs Nokia E1: Kamera Depan 16 MP + RAM 6 GB

Samsung Galaxy C9 Pro vs Nokia E1, smartphone RAM 6 GB pertama dari Samsung melawan smartphone papan bawah Nokia. Apa yang terjadi dalam pertarungan ini? Mari kita ikuti bersama.

Samsung Galaxy C9 Pro vs Nokia E1 – Spesifikasi

Seperti diketahui, rumor terkait Nokia E1 pertama kali terungkap pada Januari 2017. Pada saat itu, Nokia dikabarkan mempersiapkannya untuk meramaikan pasar smartphone kelas bawah. Hal ini tercermin dari spesifkasi yang dimilikinya. Di sisi lain, Samsung akhirnya meluncurkan smartphone RAM 6 GB pertamanya, Galaxy C9 Pro, pada kuartal keempat tahun lalu.

Nah, mari kita bandingkan spesifikasinya. Nokia E1 kabarnya memiliki layar 5,2 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD), sedangkan Galaxy C9 Pro berlayar lebih besar, yaitu 6 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Dalam hal performa, Nokia E1 dipersenjatai chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz, sedangkan pesaingnya dengan Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz. Untuk mendukung kinerja chipset tersebut, Nokia membekali RAM 2 GB, sedangkan kapasitas RAM pesaingnya tiga kali lebih besar yaitu 6 GB. Sampai di sini, sangat jelas bahwa Galaxy C9 Pro jauh lebih unggul.

Untuk keperluan penyimpanan data, Nokia E1 menawarkan memori internal 16 GB. Sementara itu, kapasitas memori internal Galaxy C9 Pro empat kali lebih besar yaitu 64 GB. Meskipun kapasitasnya berbeda, keduanya masih dapat ditambah dengan microSD card. Beralih ke sektor fotografi. Nokia E1 dibekali dua kamera yang sederhana yaitu kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Di sisi lain, baik kamera utama maupun depan Galaxy C9 Pro sama-sama beresolusi 16 MP (f/1.9). Dua hal lagi yang membuat smartphone Samsung tersebut lebih unggul adalah ketersediaan pemindai sidik jari dan baterai 4000 mAh. Di sisi lain, Nokia E1 tidak memiliki pemindai sidik jari. Selain itu, kapasitas baterainya jauh lebih kecil, kurang dari 3000 mAh.

Samsung Galaxy C9 Pro vs Nokia E1 – Harga

Dengan spesifiasi yang sangat sederhana, harga Nokia E1 sagat murah, tidakk lebih dari Rp 2 juta. Sementara itu, kalian sudah dapat membeli Samsung Galaxy C9 Pro dengan harga Rp 7 juta. Sangat jelas bahwa keduanya ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda. Bila kalian menginginkan smartphone dengan performa tangguh dan kamera menawan, Galaxy C9 Pro adalah jawabannya.