Samsung Galaxy A9 Star vs Galaxy S Lite Luxury: RAM 4 GB, Dual 24 MP, IP68 ….

Galaxy A9 Star vs Galaxy S Lite Luxury adalah pertarungan dua smartphone kelas menengah terbaru Samsung yang hadir dengan spek kompetitif. Keduanya dipastikan akan berusaha untuk mengalahkan satu sama lain. Namun, siapa yang lebih unggul?

Samsung Galaxy A9 Star vs Galaxy S Lite Luxury – Perbandingan spesifikasi

Keduanya sama-sama lahir di kuartal kedua 2018. Meski demikian, Galaxy S Lite Luxury lebih dahulu meluncur pada Mei 2018, disusul Galaxy A9 Star pada Juni 2018. Menariknya, performa keduanya berimbang karena sama-sama ditunjang chipset Snapdragon 660 dengan Adreno 512 sebagai prosesor grafiknya. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD). Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo.

Bagaimana dengan desainnya? Sisi depan keduanya terlihat familiar dengan smartphone Samsung lainnya dengan layar menguasai hampir semua sisi depannya. Keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED beresolusi Full HD+. Namun, dimensi Galaxy A9 Star lebih besar karena berlayar 6,3 inci, sedangkan Galaxy S Lite Luxury berlayar 5,8 inci. Untuk berfoto selfie, di sebelah atas layar Galaxy A9 Star terdapat kamera 24 MP, lebih impresif dari kamera depan 8 MP milik Galaxy S Lite Luxury.

Beralih ke sisi belakang, Galaxy A9 Star tampil dengan desain baru dengan kamera ganda di pojok kiri atas. Kamera gandanya terdiri dari kamera 24 MP dan 16 MP. Selain itu, terdapat pula pemindai sidik jari. Di sisi lain, sisi belakang Galaxy S Lite Luxury terlihat seperti Galaxy S8, di mana terdapat kamera 16 MP dengan pemindai sidik jari tepat di sebelah kanannya. Terkait sumber energi, Galaxy A9 Star ditenagai baterai 3700 mAh, lebih besar dari baterai 3000 mAh milik Galaxy S Lite Luxury. Sekilas, Galaxy A9 Star memiliki kamera yang lebih impresif. Namun, perlu diketahui bahwa Galaxy S Lite Luxury bersertifikasi IP68 yang membuatnya kedap air dan debu.

Samsung Galaxy A9 Star vs Galaxy S Lite Luxury – Harga

Sejauh ini, keduanya baru tersedia di China saja. Galaxy A9 Star dijual seharga 2999 Yuan (Rp 6,5 juta), sedangkan harga Galaxy S Lite Luxury adalah 3699 Yuan (Rp 8 juta). Meski lebih murah, Galaxy A9 Star menawarkan pengalaman fotografi yang lebih impresif. Kalian setuju?