Samsung Galaxy A9 Star & A9 Star Lite RESMI Lahir: Dual 24 MP, 3700 mAh

Di bulan Juni 2018, Samsung secara resmi memperkenalkan dua smartphone terbarunya yaitu Galaxy A9 Star dan A9 Star Lite. Keduanya tentu menambah anggota keluarga Galaxy A. Nah, apa perbedaan keduanya? Mari kita cari tahu bersama.

Samsung Galaxy A9 Star

Kita mulai dari Galaxy A9 Star. Smartphone Samsung ini mengusung desain layar penuh. Layarnya berjenis Super AMOLED dengan bentang 6,28 inci dan resolusi 1080 x 2220 piksel (Full HD+). Di bezel atasnya, kita dapat jumpai earpiece serta kamera selfie 24 MP dengan diafragma f/2.0. Nah, ketika melihat sisi belakangnya, kalian akan menemukan tampilan yang berbeda dari smartphone Samsung lainnya. Galaxy A9 Star memiliki kamera belakang ganda dengan susunan vertikal yang diletakkan di pojok kiri atas dengan LED flash tepat di bawahnya. Kamera gandanya terdiri dari kamera utama 16 MP (f/1.7) dan kamera sekunder 24 MP.

Lebih lanjut, Galaxy A9 Star diperkuat chipset Snapdragon 660 octa-core 2,2 GHz yang juga menjadi otak dari Galaxy S Lite Luxury. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD). Sebagai sumber energinya adalah baterai 3700 mAh yang mendukung teknologi fast charging. Di sisi belakangnya juga terdapat pemindai sidik jari. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo.

Samsung Galaxy A9 Star tersedia dalam dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Harganya 2999 Yuan (Rp 6,5 juta).

Samsung Galaxy A9 Star Lite

Yang kedua adalah Galaxy A9 Star Lite. Dari namanya, beberapa spesifikasinya tentu lebih rendah dari Galaxy A9 Star. Dari sektor performa, smartphone ini diperkuat chipset Snapdragon 450 octa-core 1,8 GHz. Meski demikian, seperti Galaxy A9 Star, chipset tersebut juga dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD). Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo. Dimensinya sedikit lebih kecil karena berlayar 6 inci. Meski demikian, layarnya juga beresolusi 1080 x 2220 piksel (Full HD+).

Dari sektor fotografi, Galaxy A9 Star Lite dibekali kamera belakang ganda. Kamera utamanya beresolusi 16 MP (f/1.7), namun kamera sekundernya beresolusi 5 MP (f/1.9). Menariknya, kemampuannya untuk mengambil foto selfie berimbang karena sama-sama dilengkapi kamera depan 24 MP. Selain itu, Galaxy A9 Star Lite juga dibekali pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3500 mAh

Samsung Galaxy A9 Star Lite tersedia dalam pilihan warna hitam dan biru. Harganya 1999 Yuan (Rp 4,3 juta).

Di antara keduanya, Galaxy A9 Star Lite adalah nama lain dari Galaxy A6+ yang lebih dulu diperkenalkan di luar China seperti India dan Indonesia. Nah, dengan beberapa spek yang lebih baik, Galaxy A9 Star tampaknya lebih layak untuk dimiliki. Kita nantikan saja apakah Galaxy A9 Star juga mendarat di Indonesia.