RAM pada Smartphone: Apa Fungsinya Dan Berapa Kapasitas Yang Ideal?

Smartphone dengan RAM 2 GB, RAM 3 GB, RAM 4 GB, dan bahkan hingga RAM 6 GB tersedia di pasar saat ini. Namun, apakah kalian tahu apa itu RAM dan apa fungsinya? Kalian dapat membaca penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

smartphone-ram-2-e1470897144587

Apa itu RAM dan apa fungsinya?

Kepanjangan dari RAM adalah Random Access Memory. Pada smartphone, RAM memiliki peran yang sangat penting selain chipset. RAM berfungsi untuk menyimpan data-data sementara dan data-data tersebut akan hilang ketika smartphone dimatikan. Hal yang sama juga terjadi pada RAM dari sebuah komputer. Semakin besar kapasitas RAM, semakin besar kapasitas penyimpanan data-data sementara tersebut.

RAM berfungsi untuk mencatat segala aktivitas yang terjadi saat program dan aplikasi berjalan. RAM juga berfungsi untuk menyimpan data-data yang digunakan oleh sebuah aplikasi yang sedang berjalan. Ketika kalian melakukan sesuatu, kalian tentu membuat data. Tanpa RAM, tidak ada yang menyimpan data tersebut secara sementara. Hal ini yang membuat RAM sangat penting pada sebuah smartphone. Kalian mungkin bertanya mengapa data tersebut tidak disimpan di ROM. Sebenarnya, ROM adalah tempat untuk menyimpan data yang dapat dilihat oleh penggunanya, seperti foto, lagu, video, dan lain sebagainya.

smartphone ram

Berapa kapasitas RAM yang ideal?

Saat ini, tersedia smartphone dengan RAM 2 GB, 3 GB, 4 GB, dan bahkan 6 GB. Jadi, berapa kapasitas RAM yang diperlukan? Saat ini, chipset terus berkembang dan memiliki performa yang semakin cepat. RAM berfungsi sebagai pendamping chipset. Bila smartphone kalian sudah dibekali chipset Snapdragon 800 atau di atasnya, RAM 2 GB sebenarnya masih cukup. Terkadang kita dapat menebak chipset dari sebuah smartphone dengan melihat kapasitas RAM-nya. Bila kalian menggunakan smartphone untuk bermain media sosial, memotret foto, atau menonton video, RAM 3 GB sudah cukup. Namun, bila kalian gemar bermain game yang berat, kalian perlu RAM 4 GB atau lebih besar karena game tersebut memerlukan memori yang lebih besar.