RAM 8 GB Untuk Smartphone: Seberapa Tangguhkah?

Sebelum membaca artikel ini, kita semua mengetahui bahwa smartphone dengan RAM 8 GB tentunya lebih tangguh dari smartphone dengan RAM 6 GB dan 4 GB. Namun, apakah kalian penasaran bagaimana ketangguhan sesungguhnya smartphone dengan RAM 8 GB?

8gb ram

Smartphone dengan RAM 8 GB – Seberapa tangguhkah?

Setelah smartphone dengan RAM 6 GB, berikutnya kita akan melihat smartphone dengan RAM 8 GB yang akan meluncur ke pasar, dua kali lebih tangguh dari smartphone RAM 4 GB, kita semua tentu merasa penasaran apakah kita sangat membutuhkan RAM besar? Perbedaan apa saja yang kalian temukan ketika menggunakan smartphone dengan RAM besar? Pada artikel sebelumnya, kita membahas cara kerja smartphone dan RAM. Kali ini, kami akan membahasnya lebih rinci agar kalian dapat memahami ketangguhan dari smartphone RAM 8 GB.

Ketika setiap aplikasi yang telah selesai digunakan dan lalu ditutup oleh kalian, smartphone kalian tidak menghentikan aplikasi tersebut pada saat itu juga, namun proses tersebut tersimpan dalam sistem. Hal ini membantu smartphone melanjutkan proses tersebut ketika kalian menggunakannya kembali. Namun demikian, kalian tetap perlu untuk membersihkan cache untuk memberikan ruang memori yang cukup pada aplikasi lainnya. Untuk menentukan aplikasi apa yang perlu dibersihkan cache-nya terlebih dahulu, kalian dapat menggunakan sebuah fitur untuk menganalisis dan mengurutkan tingkat kebutuhan berbagai aplikasi.

8gb ram

Perbedaan utama dari RAM 4 GB, 6 GB, dan 8 GB adalah kemampuan untuk menyimpan proses berbagai aplikasi. Semakin besar sebuah RAM, semakin banyak proses yang dapat disimpan. Kalian dapat menggunakan berbagai aplikasi dengan lebih lancar pada waktu yang bersamaan tanpa perlu menghapus cache dari beberapa aplikasi terlebih dahulu. Semakin banyak cache yang dapat disimpan, performa multitasking akan semakin lancar. Namun, hal ini tidak dipengaruhi oleh RAM saja, tetapi juga antarmuka (UI). Antarmuka yang lebih ringan memberikan ruang kosong memori yang lebih banyak.

Smartphone RAM 8 GB vs smartphone RAM 4 GB

Singkatnya, RAM 8 GB memiliki kapasitas penyimpanan cache dua kali lebih besar dibandingkan RAM 4 GB. Meskipun dengan model yang sama tanpa ada perubahan antarmuka, chipset, dan prosesor grafik, kita dapat simpulkan bahwa smartphone RAM 8 GB dapat memberikan performa multitasking dua kali lebih cepat dari RAM 4 GB.