RAM 6 GB, 20 MP vs 24 MP, bezel-less … Oppo F5 vs Vivo V7

Oppo dan Vivo terus bertarung untuk menghadirkan smartphone terbaik untuk penggemar berfoto selfie. Kali ini, mari kita ikuti pertempuran Oppo F5 vs Vivo V7+. Siapa yang lebih unggul?

 

Oppo F5 vs Vivo V7+ – Spesifikasi

Layar

Kita akan bagi pertarungan dalam beberapa segmen. Segmen yang pertama adalah layar. Ya, Oppo F5 dan Vivo V7+ sama-sama berdesain bezel-less. Layar Oppo F5 berukuran 6 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+), sedangkan Vivo V7+ memiliki layar 5,99 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel.

Performa

Oppo F5 tersedia dalam dua varian RAM: 4 GB dan 6 GB. Keduanya diperkuat chipset Helio P23 octa-core 2,5 GHz. Di sisi lain, Vivo V7+ tersedia dalam satu varian saja yang diperkuat chipset Snapdragon 450 octa-core 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB.

Media penyimpanan

Varian RAM 4 GB dan 6 GB dari Oppo F5 menawarkan memori internal 32 GB dan 64 GB berturut-turut. Di sisi lain, Vivo V7+ menawarkan memori internal 64 GB. Menarinya, kedua smartphone ini dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Kamera

Kamera menjadi aspek utama yang diunggulkan dari kedua smartphone ini. Untuk memotret pemandangan, keduanya dibekali kamera utama 16 MP yang didukung LED flash. Namun, kamera utama Oppo F5 dapat menangkap lebih banyak cahaya karena berdiafragma f/1.8 dibandingkan kamera utama pesaingnya yang berdiafragma f/2.0. Namun, untuk berfoto selfie, kamera depan 24 MP milik Vivo V7+ jelas lebih baik dibandingkan kamera depan 20 MP milik Oppo F5.

Baterai

Kedua smartphone ini ditenagai baterai dengan kapasitas yang berbeda tipis: 3200 mAh (Oppo) vs 3225 mAh (Vivo).

Tambahan

Karena keduanya mengadopsi desain bezel-less, tidak ada cukup ruang untuk menempatkan tombol fisik di sisi depan yang biasanya juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Sebagai konsekuensinya, Oppo dan Vivo meletakkan pemindai sidik jari di sisi belakang. Lebih lanjut, keduanya juga menjalankan antarmuka terbaru: ColorOS 3.2 (Oppo) vs Funtouch OS 3.2 (Vivoo). Kedua antarmuka tersebut berjalan di atas Android 7 Nougat.

Oppo vs Vivo

Oppo F5 vs Vivo V7+ – Harga

Mari kita masuk ke segmen terakhir yaitu harga. Oppo F5 varian RAM 4 GB dan 6 GB dijual dengan harga Rp 4 juta dan Rp 5,2 juta berturut-turut. Sementara itu, harga Vivo V7+ adalah Rp 4,7 juta. Bila kalian hanya berfokus untuk berfoto selfie, pilihlah Vivo V7+. Namun, bila mencari smartphone dengan performa multitasking yang lebih baik, Oppo F5 dengan RAM 6 GB adalah jawabannya. Jadi, mana yang kalian pilih, Oppo F5 atau Vivo V7+?