RAM 4 GB, Selfie 16 MP, 3000 mAh: Motorola Moto X4 vs HTCU11 Life

Motorola Moto X4 vs HTC U11 Life adalah pertarungan dua smartphone kelas menengah yang cukup menarik karena keduanya memiiki banyak persamaan. Nah, kira-kira siapa yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikuti perbandingan di bawah ini.

Motorola Moto X4 vs HTC U11 Life – Perbandingan spesifikasi

Mari kita mulai dengan membahas sisi depannya. Baik Motorola Moto X4 dan HTC U11 Life hadir dengan layar 5,2 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Namun, jenis layar yang digunakannya berbeda: LTPS IPS LCD (Motorola) vs Super LCD (HTC). Di sebelah bawah layarnya terdapat tombol home fisik yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Tombol tersebut diapit oleh tombol Back dan Recent Apps. Sementara itu, di sebelas atas layarnya, selain earpiece, terdapat pula kamera 16 MP. Wah, tampaknya keduanya diciptakan untuk penggemar berfoto selfie. Namun, kamera depan Moto X4 lebih spesial karena didukung LED flash. Berfoto selfie di tempat redup tidak lagi menjadi masalah.

Beralih ke sektor performa. Motorola Moto X4 dan HTC U11 Life diperkuat chipset Snapdragon 630 octa-core 2,2 GHz dengan Adreno 508 sebagai prosesor grafiknya. Lebih lanjut, ternyata tiap smartphone juga tersedia dalam varian: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Keduanya juga dilengkapi dengan slot kartu microSD. Nah, dengan chipset dan RAM yang sama, performa keduanya tentu berimbang. Terkait sistem operasi, Moto X4 masih menjalankan Android Nougat yang baru akan diperbaharui ke Android Oreo nanti. Sementara itu, U11 Life lahir dengan langsung menjalankan Android Oreo. Perbedaan saknya tidak berpengaruh signifikan terhadap performanya.

Motorola Moto X4 vs HTCU11 Life

Nah, ada empath al utama yang perlu dicermati dari keduanya. Terkait ketahanan terhadap air dan debu, Moto X4 yang bersertifikasi IP68 tentu lebih baik dari U11 Life dengan sertifikasi IP67. Tak hanya itu, Moto X4 juga unggul dalam hal sumber energi karena ditenagai baterai 3000 mAh, lebih besar dari baterai 2600 mAh milik pesaingnya. Di sisi lain, dalam hal fotografi, U11 Life dengan kamera utama 16 MP masih lebih baik dari Moto X4 yang dibekali kamera ganda (12 MP + 8 MP). Satu hal lagi, U11 Life memiliki fitur Edge Sense yang memungkinkan kita membuka aplikasi hanya dengan menekan sisi kiri dan kakan smartphone tersebut. Fitur ini juga dimiliki U11 dan U11 Plus. Fitur ini tidak dimiliki Moto X4.

Motorola Moto X4 vs HTC U11 Life – Harga

Tentunya tiap smartphone masih memiliki hal lainnya yang membuatnya berbeda satu sama lain. Namun, secara umum, dari perbandingan spek di atas, Moto X4 jelas lebih unggul untuk penggunaan normal. Namun, bila kalian mencari smartphone dengan beberapa fitur yang lebih canggih, U11 Life adalah jawabannya. Bagaimana dengan harganya? Sebagai perbandingan, harga Moto X4 varian RAM 3 GB adalah $399, sedangkan U11 Life varian RAM 3 GB adalah $349. Sudah pasti harga Moto X4 varian RAM 4 GB akan lebih mahal dari pesaingnya. Dalam hal harga, tampaknya U11 Life lebih layak untuk dimiliki. Bagaimana menurut kalian?