RAM 4 GB, ROM 256 GB, 19 MP: Smartphone MUNGIL Apple vs Sony

Pada artikel ini, mari kita bandingkan iPhone 8 vs Xperia XZ1 Compact. Keduanya adalah smartphone mungil terbaik yang ada saat ini. Namun, kira-kira mana yang lebih layak dibeli?

Smartphone MUNGIL Apple vs Sony

Apple iPhone 8 vs Sony Xperia XZ1 Compact – Spesifikasi

Kedua smartphone yang terlibat dalam pertarungan kali ini berasal dari dua merek ternama di dunia yaitu Apple dan Sony. Keduanya juga baru saja meluncur dan siap merebut hati konsumen. Mari kita bandingkan beberapa spesifikasi utamanya untuk mengetahui siapa yang lebih ungul. Seperti yang kami sebutkan di atas, keduanya adalah smartphone mungiil karena hadir dengan layar di bawah 5 inci. Lebih tepatnya iPhone 8 berlayar 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1334 piksel, sedangkan Xperia XZ1 Compact berlayar 4,6 inci dengan resolusi 720 x 1280 piksel.

Meski mungil kalian tidak boleh meremehkan keduanya yang hadir dengan berbagai spesifikasi mutakhir. Dalam hal performa, iPhone 8 diperkuat chipset A11 Bionic hexa-core 2,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 2 GB. Di sisi lain, yang menjadi jantung Xperia XZ1 Compact adalah chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Ya, kedua chipset tersebut adalah chipset tertangguh saat ini. Menariknya, keduanya juga menjalnakan sistem operasi terbaru: iOS 11 (Apple) vs Android 8 Oreo (Sony). Tak hanya itu, keduanya juga kedap air dan debu dengan sertifikasi yang berbeda: IP67 (Apple) vs IP68 (Sony). Keduanya juga sama-sama memiliki pemindai sidik jari namun terletak pada posisi berbeda: tombol home (Apple) vs tombol power (Sony).

iPhone 8 vs Xperia XZ1 Compact

Untuk keperluan penyimpanan data, memori internal XZ1 Compact hanya berkapasitas 32 GB, sedangkan pesaingnya menawarkan memori internal 64 GB dan 256 GB. Namun, di antara keduanya, hanya Xperia XZ1 Compact yang dilengkapi slot microSD card. Dari sektor fotografi, iPhone 8 dibekali kamera utama 12 MP dan kamera depan 7 MP. Sementara itu, kamera utama dan depan pesaingnya masing-masing beresolusi 19 MP dan 8 MP. Yang terahir terkait sumber energi. Baterai iPhone 8 berkapasitas 1821 mAh, lebih kecil dari baterai 2700 mAh pada pesaingnya.

Apple iPhone 8 vs Sony Xperia XZ1 Compact – Harga

Apapun perbedaan yang dimiliki keduanya, keduanya tetap menjadi smartphone mungil dengan spesifikasi mutakhir yang lahir di semester kedua tahun ini. Alu, bagaimana dengan harganya? Harga Sony Xperia XZ1 Compact berkisar $599 (Rp 8 juta). Di sisi lain, harga Apple iPhone 8 adalah $699 (Rp 9,4 juta) untuk varian ROM 64 GB dan $849 (Rp 11,45 juta). Menurut kami, Apple iPhone 8 masih lebih unggul meski memiliki beberapa kekurangan. Bagaimana dengan kalian?