Smartphone RAM 4 GB, kamera 16 MP: Samsung Galaxy J7 Max vs Motorola Moto M

Pada artikel ini, kami akan membandingkan Samsung Galaxy J7 Max dan Motorola Moto M. Kira-kira smartphone mana yang lebih unggul? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan ikuti ulasan kami di bawah ini.

Samsung Galaxy J7 Max vs Motorola Moto M

Samsung Galaxy J7 Max vs Motorola Moto M – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Moto M lahir terlebih dahulu pada November 2016. Sementara itu, Galaxy J7 Max baru meluncur pada Juni 2017. Nah, mari kita mulai membandingkan spesifikasinya. Moto M hadir dengan layar 5,5 inci, sedangkan Galaxy J7 Max berlayar 5,7 inci. Dimensi smartphone Samsung tersebut jelas sedikit lebih besar. Meski ukurannya berbeda, resolusi kedua layarnya sama yaitu 1080 x 1920 piksel (Full HD). Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang terletak di posisi berbeda: sebelah bawah kamera utama (Motorola) vs sebelah bawah layar (Samsung).

Dalam hal performa, Moto M diperkuat chipset MediaTek Helio P15 octa-core 2,2 GHz, sedangkan yang menjadi jantung Galaxy J7 Max juga chipset MediaTek, bukan Helio P15, melainkan Helio P20 octa-core 2,4 GHz. Dengan chipset yang lebih baru, performa smartphone Samsung tersebut sedikit lebih baik. Lebih lanjut, Moto M tersedia dalam dua varian: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Sementara itu, Galaxy J7 Max hanya tersedia dalam satu varian dengan RAM 4 GB dan memori internal 32 GB. Menariknya, kedua smartphne ini didukung slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Dari sektor fotografi, Moto M menawarkan kamera utama 16 MP (f/2.0) dan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, Galaxy J7 Max memiliki kamera utama 13 MP (f/1.7) dan kamera depan 13 MP (f/1.9). Kalian penggemar berfoto selfie sudah pasti memilih Galaxy J7 Max. Sementara itu, meski resolusinya lebih rendah, dengan diafragma lebih besar (f/1.7), kamera utama smartphone Samsung tersebut mampu menangkap lebih banyak cahaya. Yang terakhir terkait baterai. Moto M ditenagai baterai 3050 mAh, sedangkan baterai Galaxy J7 Max berkapasitas 3300 mAh.

Samsung Galaxy J7 Max vs Motorola Moto M – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, Galaxy J7 Max lebih unggul dalam hal performa, kamera, serta baterai. Di sisi lain, Moto M menawarkan memori internal yang lebih besar. Nah, bagaimana dengan harganya? Harga Moto M sekitar $218 (Rp 2,9 juta) untuk varian RAM 3 GB dan $250 (Rp 3,35 juta) untuk varian RAM 4 GB. Sementara itu, harga Galaxy J7 Max sekitar $280 atau Rp 3,75 juta). Meski lebih mahal, Galaxy J7 Max menawarkan spesifikasi yang lebih baik. Bagaimaan menurut kalian?