RAM 4 GB, 16 MP vs 23 MP, 5,5 inci – Samsung vs Sony

Galaxy J7 Plus vs Xperia XA1 Plus adalah pertarungan dua smartphone dari dua raksasa yang sama-sama berasal dari kawasan Asia Timur, Samsung vs Sony. Namun, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti ulasan kami di bawah ini.

Samsung Galaxy J7 Plus vs Sony Xperia XA1 Plus – Spesifikasi

Menariknya, pada nama kedua smartphone ini terdapat kata “Plus”. Tak hanya itu, keduanya juga ditujukan untuk meramaikan segmen kelas menengah. Hal ini berarti keduanya bersaing ketat untuk menarik calon konsumen. Perlu diketahui bahwa keduanya memiliki banyak persamaan. Layar keduanya berbentang 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Namun, layar Galaxy J7 Plus berjenis Super AMOLED, sedangkan layar Xperia XA1 Plus berjenis IPS LCD.

Lebih lanjut, kedua smartphone ini juga diperkuat chipset Helio P20 octa-core 2,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Perlu diketahui bahwa beberapa negara akan mendapatkan Xperia XA1 Plus varian RAM 3 GB. Untuk menyimpan data, keduanya menawarkan memori internal 32 GB. Bila tidak cukup, masih dapat ditambah dengan microSD card. Dari aspek keamanan, baik Galaxy J7 Plus dan Xperia XA1 Plus juga dibekali pemindai sidik jari, namun terletak pada posisi berbeda: tombol home (Samsung) vs tombol power (Sony). Sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android 7 Nougat (dapat diperbaharui ke Android 8 Oreo).

Selanjutnya, mari kita bandingkan kameranya. Galaxy J7 Plus hadir dengan kamera belakang ganda (13 MP (f/1.7) + 5 MP (f/1.9)) dan kamera selfie 16 MP (f/1.9) yang didukung LED flash. Di sisi lain, Xperia XA1 Plus hadir dengan kamera utama 23 MP dan kamera depan 8 MP. Dalam hal ketajaman dan kejelasan gambar, kamera utama Xperia XA1 Plus tentu dapat diandalkan karena memiliki resolusi yang tinggi. Sementara itu, untuk berfoto selfie, kamera depan 16 MP milik Galaxy J7 Plus tentu lebih disukai banyak orang. Yang terakhir, baterai Xperia XA1 Plus berkapasitas 3430 mAh, lebih besar dari baterai 3000 mAh pada pesaingnya.

Samsung Galaxy J7 Plus vs Sony Xperia XA1 Plus – Harga

Di Indonesia, Samsung Galaxy J7 Plus dapat dipesan dengan harga Rp 5 juta. Sementara itu, harga Sony Xperia XA1 Plus kabarnya mulai dari $379 atau Rp 5,1 juta. Dengan harga yang tidak berbeda jauh, Xperia XA1 Plus unggul dalam hal kamera utama dan baterai, sedangkan kamera depan 16 MP menjadi nilai jual dari Galaxy J7 Plus. Nah, mana yang kalian pilih?