Perbandingan Kamera pada iPhone 6 vs Galaxy S6 vs LG G4 vs Nexus 6 – Mana yang Terbaik?

iPhone 6 vs Galaxy S6 vs LG G4 vs Nexus 6

Teknologi kamera pada smartphone semakin canggih pada tahun ini. Dua smartphone terbaik dari Korea, Samsung Galaxy S6 dan LG G4, memiliki kamera yang mampu menghasilkan foto dengan kualitas lebih baik dibandingkan model-model terdahulunya. Kedua smartphone tersebut kini secara jelas sedang bersaing dengan Apple iPhone 6 yang terkenal dengan fitur kamera terbaik dan menjadi tolak ukur bagi para produsen smartphone di seluruh dunia.

Kita tentu telah membaca banyak artikel yang menampilkan perbandingan kualitas gambar yang dihasilkan kamera dari berbagai smartphone. Pada artikel ini, kita akan membahas perbandingan teknologi kamera tersebut yang biasa digunakan untuk mengambil gambar atau foto. Kita akan mengetahui seberapa nyaman menggunakan kamera tersebut dan seberapa cepat kamera tersebut dapat mengambil foto dalam jumlah yang banyak.

Pada perbandingan kamera smartphone kali ini, kita akan membandingkan Samsung Galaxy S6 dengan Touchwiz interface, LG G4 dengan LG UI versi terbaru, Apple iPhone 6 dengan interface yang sederhana, serta Google Nexus 6 dengan kamera Android UI.

Akses Cepat (shortcut)

Perbandingan yang pertama adalah fitur shortcut untuk mengakses aplikasi kamera secara cepat dan apakah shortcut tersebut cukup nyaman digunakan.

Pada Galaxy S6 dan LG G4, cukup dengan 2 klik pada sebuah tombol untuk mengakses aplikasi kamera dengan cepat.

 

Keempat smartphone tersebut menyediakan shortcut untuk mengaktifkan aplikasi kamera hanya dengan membuat gerakan jari pada layaar smartphone. Pada Google Nexus 6, Anda cukup menggeseer jari pada layar dari kanan ke kiri. Sedangkan pada Apple iPhone 6, Anda cukup menggerakkan jari pada area pojok kanan bawah layar dan tampaknya cara ini menjadi yang paling mudah dibandingkan smartphone lainnya.

Anda tentu ingin mengakses aplikasi kamera tanpa perlu melihat layar smartphone Anda. Hal tersebut baru dapat dilakukan pada Samsung Galaxy S6 dan LG G4 yang memiliki shortcut untuk kamera pada sebuah tombol fisik. Cukup 2 kali klik tombol Home pada Galaxy S6 dan aplikasi kamera akan segera aktif ketika Anda sedang berada di aplikasi mana pun, sedangkan Anda perlu menekan tombol menurunkan volume suara pada LG G4 dan dapat langsung mengambil foto. Kemudahan tersebut menjadikan Samsung Galaxy S6 dan LG G4 sebagai smartphone yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi kamera secara cepat.

Kemudahan untuk memulai mengambil foto dan merekam video

Kemudahan untuk mengambil foto dan merekam video ditentukan oleh keberadaan tombol pengambil foto dan perekam video. Terkadang ketika Anda sedang mengambil foto dan ingin merekam video, Anda perlu mengganti pengaturan fungsi kamera untuk merekam video. Hal ini memerlukan waktu beberapa detik dan mengakibatkan sedikit keterlambatan uuntuk mengabadikan momen-momen favorit Anda.

Sekali lagi, hanya LG dan Samsung yang menyediakan kemudahan tersebut dengan mendesain tombol pengambil foto dan perekam video secara terpisah, jelaas, dan mudah ditekan. Pada iPhone 6, Anda perlu menggeser jari Anda untuk mengganti pengaturan ke perekam video. Di sisi lain, bila Anda pengguna Nexus 6, Anda perlu mengakses menu dan memilih fitur untuk merekam video. Proses ini cenderung lebih rumit dan terkadang memerlukan beberapa detik agar kamera siap digunakan untuk merekam video.

Tampilan tombol pengambil foto dan perekam video yang terpisah

Samsung Galaxy S6

Samsung-Galaxy-S6

LG G4

LG-G4

Apple iPhone 6

Apple-iPhone-6

Google Nexus 6

Google-Nexus-6

Auto mode

Banyak orang menggunakan smartphone untuk mengambil foto secara cepat sehingga dibutuhkan fitur untuk mendukung kemudahan mengambil foto dengan cepat dan berkualitas baik. Fitur tersebut disebut automatic mode.

iPhone 6 adalah contoh smartphone yang memiliki fitur kamera auto mode yang mudah diakses dan memberikan respon yang cepat. Apple menyediakan 5 shortcut pada menu auto mode: flash control, HDR, timer, tombol mengganti ke kamera depan, dan filters. Apple juga memberikan kemudahan untuk mengakses menu untuk mengatur tampilan dari foto-foto.

Samsung Galaxy S6 juga memiliki auto mode dengan fitur-fitur yang sama, namun dilengkapi dengan sebuah tombol untuk mengakses menu pengaturan secara cepat. Pada iPhone 6, Anda terlebih dahulu harus keluar dari aplikasi kamera dan mencari menu pengaturan tersebut.

LG G4 menawarkan 2 auto mode, simple dan auto. Pada pilihan simple, Anda tidak disediakan tombol untuk mengambil foto, melainkan cukup menekan layar di area mana pun untuk mengambil foto, namun tidak dilengkapi flash control, HDR, dan tombol untuk merekam video. Hal ini sedikit membatasi kita, namun sangat cocok pada penggunaan sehari-hari. Di sisi lain, pada pilihan auto, LG G4 menyediakan beberapa pilihan, namun tidak dilengkapi tombol untuk mengatur HDR.

Pada Nexus 6, hanya tersedia satu camera mode yang tentu tidak memberikan kemudahan seperti tiga smartphone lainnya. Meskipun tersedia menu pengaturan dasar, namun Anda harus menekan tombol dots untuk mengakses menu pengaturan lainnya. Selain menu untuk mengatur HDR, tersedia juga tombol untuk mengatur tingkat pencahayaan namun tidak semudah yang terdapat pada iPhone 6.

Samsung Galaxy S6

Apple-iPhone-6a

LG G4

LG-G42a

Apple iPhone 6

Apple-iPhone-6a

Google Nexus 6

Google-Nexus-623

Fitur-fitur tambahan

Para produsen smartphone saat ini melengkapi smartphone terbaru mereka dengan berbagai fitur kamera yang menarik. Beberapa fitur tersebut sangat bermanfaat, sedangkan ada juga yang terlihat menarik pada kesan pertama pemakainnya namun tidak memiliki fungsi yang sangat bermanfaat di kemudian hari.

Dua fitur yang sebaiknya tersedia pada menu pengaturan kamera adalah slow motion dan time-lapse untuk video. Smartphone iPhone 6 menawarkan kedua fitur tersebut dengan 240fps 720p pada fitur slow motion dan time-lapse yang mudah untuk digunakan namun tidak memiliki satu fitur untuk mengatur interval pengambilan foto. Samsung Galaxy S6 pun menyediakan kedua fitur tersebut, namun fitur time-lapse pada smartphone ini diberi nama fast motion. Begitu pula fitur slow motion (tidak secanggih pada iPhone 6) hanya 120 fps dengan kualitas gambar 720p. LG G4 tidak memiliki fitur time-lapse, namun memiliki fitur slow motion 120 fps dengan kualitas gambar 720p. Sayangnya, kita tidak akan menemukan kedua fitur tersebut pada Nexus 6.

Slow motion UI

LG G4, slow motion ada di menu Settingsg

LG-G4-slow-motion-is-hidden-in-settings

Apple iPhone 6, slow motion mudah diakses

Apple-iPhone-6-slow-motion-is-easily-accessible

Samsung Galaxy S6, slo-mo mudah diakses

Samsung-Galaxy-S6-slo-mo-also-easy-to-find

Nexus 6, tidak ada fitur slow motion

Nexus-6-no-slo-mo-option-at-all

Ada fitur live camera filters and effects yang dapat digunakan sebelum Anda mengambil foto agar Anda dapat melihat tampilan efek pada objek setelah Anda mengambil foto dari objek tersebut, meskipun Anda dapat mengedit tampilan efek dari foto tersebut dengan hasil yang lebih berkualitas setelah proses pengambilan foto. Fitur ini tersedia pada iPhone 6 dan Galaxy S6, sedangkan LG G4 dan Nexus 6 tidak memiliki fitur live effect sehingga Anda tidak dapat melihat tampilan efek dari objek sebelum Anda mengambil foto dari objek tersebut terlebih dahulu.

Galaxy S6

Galaxy-S6

iPhone 6

Galaxy-S6 iPhone-6

Selain itu, keempat smartphone menyediakan fitur Panorama shots. Kita tidak akan membahas kualitas dari foto-foto dengan efek Panorama karena saat ini fitur ini sudah terdapat pada semua smartphone meskipun tidak semua orang sering menggunakannya. Nexus 6 menghadirkan fitur Panorama 360 derajat yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan sebuah foto pada suatu tempat dari berbagai sisi yang memberikan hasil yang mengagumkan. Keempat smartphone ini dapat digunakan untuk mengambil foto panorama dengan posisi tegak. Smartphone Android juga dapat mengambil foto dengan posisi smartphone memanjang ke samping, namun iPhone 6 tidak didesain untuk melakukan hal tersebut.

Keempat smartphone ini juga menawarkan fitur-fiturr kamera lainnya yang cukup jarang digunakan oleh banyak orang. Penggunaan fitur selective focus atau virtual focus pada Galaxy S6 akan memberikan pengalaman mengambil foto yang menyenangkan, namun tentu tidak banyak orang akan menggunakannya setiap hari. Meskipun tidak terlalu sering digunakan, fitur tersebut (termasuk pengambilan foto dengan 2 kamera utama sekaligus) juga tersedia pada LG G4 dan Samsung Galaxy S6, namun tidak terlalu memiliki fungsi yang bermanfaat bagi semua orang.

Ada pula fitur yang memungkinkan Anda untuk mengambil foto tanpa menghasilkan bunyi efek. Cara ini cukup mudah: Anda cukup klik tombol mute yang tersedia pada keempat smartphone tersebut.

Untuk professional: pengaturan kamera secara manual

Ketika Anda menggunakan kamera DSLR, Anda tentu dapat melakukan pengaturan secara manual, seperti untuk mengatur tingkat pencahayaan dan lensa. Ketika Anda menggunakan kamera smartphone, Anda tentu tidak akan menemukan pengaturan manual yang secanggih kamera DSLR walaupun kadang-kadang Anda memerlukannya untuk mengatur tampilan dari foto.

iPhone 6 dan Nexus 6 tidak memiliki pengaturan manual tersebut pada aplikasi kamera, namun sistem operasi IOS menawarkan aplikasi manual untuk kamera yang lebih baik dibandingkan pada Nexus 6.

Sementara itu, Samsung juga melengkapi Galaxy S6 dengan pengaturan manual tersebut, namun ada kekurangan pada shutter speed dan kurang nyaman untuk digunakan.

Di sisi lain, LG G4 menyediakan pengaturan manual untuk kamera yang lebih impresif, seperti pengaturan granular untuk ISO, shutter speed, white balance, dan focus.

Fitur Video

Saat ini, orang-orang tidak hanya menggunakan kamera smartphone untuk mengambil foto-foto, namun juga membuat rekaman video dengan durasi yang singkat.

iPhone 6 menawarkan fitur-fitur untuk merekam video yang mudah digunakan. Kamera pada smartphone ini mampu menghasilkan kualitas rekaman video yang baik dengan kualitas dan pergerakan gambar yang halus. Selain itu, Anda juga dapat mengatur rasio gambar per detik dari 30 fps ke 60 fps dengan mudah dari menu pengaturan. Dengan dilengkapi sistem auto focus yang berkualitas, iPhone 6 cocok digunakan untuk merekam video seperti seorang cameraman yang professional.

Sementara itu, kamera pada Galaxy S6 mampu menghasilkan video 4K yang tidak dapat dilakukan oleh iPhone 6. Fitur-fitur untuk mengatur focus dan menu pengaturan video lainnya juga mudah untuk diakses. LG G4 juga menawarkan kemudahan untuk mengatur focus saat merekam video, namun sedikit terkendala untuk mengatur tingkat pencahayaan dengan cepat.

Keempat smartphone ini dilengkapi pengaturan untuk mengaktifkan dan tidak mengaktifkan LED flash agar objek terlihat lebih terang. Meski Nexus 6 memiliki fitur tersebut, namun smartphone ini tidak dilengkapi fitur-fitur lainnya, termasuk pengaturan focus, seperti yang terdapat pada tiga smartphone lainnya.