Perang Gaming Smartphone RAM 8 GB, Dual 20 MP, 4000 mAh: smartphone Asus vs Xiaomi!!!

Asus ROG Phone vs Xiaomi Black Shark adalah dua gaming smartphone yang paling hangat saat ini. Keduanya memiliki berbagai hal yang membuatnya layak untuk menjadi andalan gamers. Namun, mana yang sebaiknya kalian beli? Ikuti perbandingan spesifikasi dan desain di bawah ini untuk mengetahui pemenangnya.

Asus ROG Phone vs Xiaomi Black Shark – Perbandingan spesifikasi dan desain

Layar

Kedua smartphone mengusung layar 18 : 9. Asus ROG Phone menggunakan layar AMOLED 6 inci, sedangkan Xiaomi Black Shark berlayar IPS LCD dengan bentang 5,99 inci. Layar keduanya sama-sama beresolusi Full HD+. Meski demikian, dengan layar AMOLED, gambar yang ditampilkan Asus ROG Phone lebih tajam dan menawan.

Performa

Tiap smartphone diperkuat chipset Snapdragon 845 dengan 8 prosesor inti. Namun, perlu diketahui bahwa Asus meningkatkan kecepatan maksimal chipset tersebut hingga 2,96 GHz, sedangkan Xiaomi Black Shark menggunakan chipset Snapdragon 845 standar dengan kecepatan maksimal hingga 2,8 GHz. Hal ini berarti performa Asus ROG Phone sedikit lebih baik.

RAM dan memori internal

Xiaomi Black Shark tersedia dalam dua varian: RAM 6 GB + ROM 64 GB dan RAM 8 GB + ROM 128 GB. Di sisi lain, Asus ROG Phone dibekali RAM 8 GB saja. Namun, untuk urusan penyimpanan data, smartphone ini menyediakan dua pilihan memori internal yaitu 128 GB dan 512 GB. Sayangnya, tiap smartphone tidak dilengkapi slot kartu microSD. Sekali lagi, Asus ROG Phone lebih unggul berkat memori internal yang jauh lebih besar untuk menyimpan lebih banyak game.

Kamera

Xiaomi Black Shark dibekali kamera belakang ganda (12 MP + 20 MP) dan kamera depan 20 MP. Sementara itu, Asus ROG Phone dibekali kamera belakang ganda (12 MP + 8 MP) dan kamera depan 8 MP, sama dengan Zenfone 5 dan Zenfone 5z. Sekilas, kamera Xiaomi Black Shark tampak lebih menawan, namun belum mendapatkan skor penilaian dari DxOMark. Di sisi lain, kamera Asus ROG Phone mendapat skor rata-rata 90 poin dari DxOMark.

Baterai

Kedua smartphone sama-sama mendapat energi dari baterai 4000 mAh.

Lain-lain

Tiap smartphone memang tampil dengan desain unik. Namun, kami harus memilih Asus ROG Phone sebagai smartphone dengan desain lebih menawan, terutama sisi belakangnya di mana kita dapat melihat lubang pembuangan panas. Terkait aksesori tambahan, Xiaomi Black Shark hanya dilengkapi satu gamepad. Di sisi lain, selain gamepad, Asus ROG Phone didukung lebih banyak perangkat tambahan, seperti kipas dan baterai eksternal, dock untuk menghubgkan smartphone ke layar komputer, hingga layar kedua menyerupai Nintendo DS.

Asus ROG Phone vs Xiaomi Black Shark – Harga

Dilihat dari segala spek yang dimilikinya, Asus ROG Phone jelas lebih memukau dari Xiaomi Black Shark. Ditambah dengan banyak aksesori tambahan, pengalaman bermain game dengan smartphone ini semakin menyenangkan. Bagaimana dengan harganya? Xiaomi Black Shark dijual seharga 2999 Yuan (Rp 6,4 juta) untuk varian RAM 6 GB dan 3499 Yuan (Rp 7,4 juta) untuk varian RAM 8 GB. Sementara itu, harga Asus ROG Phone belum diumumkan, namun dipastikan lebih mahal dari pesaingnya. Meski demikian, Asus ROG Phone lebih layak untuk dimiliki gamers sejati karena menawarkan banyak hal yang tak dimiliki Xiaomi Black Shark. Bagaimana menurut kalian?