Penjualan Tablet Terus Menurun, Orang-orang Lebih Tertarik dengan Smartphone?

Penjualan Tablet Terus Menurun, Orang-orang Lebih Tertarik dengan Smartphone?

Menurut sebuah penelitian dari Forrester, diperoleh informasi bahwa angka penjualan tablet pada tahun ini akan terus menurun. Hal ini disebabkan karena saat ini semakin banyak phablet kelas menengah yang diluncurkan oleh para produsen perangkat telekomunikasi. Phablet merupakan sebutan untuk smartphone yang memiliki layar berukuran lebih dari 5 inci.

Lebih lanjut, penelitian tersebut menunjukkan bahwa 41% responden di seluruh dunia memiliki sebuah phablet dan 11% responden menyebutkan tablet yang mereka miliki juga dianggap sebagai phablet. Hal ini yang menyebabkan penurunan angka penjualan tablet termasuk yang dialami oleh salah satu produk tablet dari Apple yaitu iPad Air.

doanh-so-tablet-tiep-tuc-giam-manh

Peluncuran smartphone berbasis Android yang jumlahnya sangat beragam saat ini juga menjadi salah satu factor penurunan angka penjualan tablet. Bila kita kembali pada tahun 2010 ketika beberapa produsen menghadirkan tablet, banyak konsumen yang tertarik dan membeli tablet. Hal ini tentu mendorong angka penjualan tablet terus meningkat dan menjadi perangkat elektronik yang sangat digemari publik.

Saat ini, jumlah smartphone Android yang banyak dengan fitur dan spesifikasi yang muktahir namun dengan harga yang cukup terjangkau menjadikan smartphone Android lebih populer dibandingkan tablet.

Tablet Terus

Lebih lanjut, seiring dengan semakin banyak smartphone yang hadir dengan ukuran layar yang cukup besar, tablet secara perlahan mulai tergantikan. Sejak kehadiran Samsung Galaxy Note 4, penjualan tablet Samsung pun ikut menurun hingga 5%. Apple iPhone 6 dan phablet lainnya juga memiliki peran dengan tren penurunan angka penjualan tablet.

Tablet Terus

Namun demikian, keberadaan tablet masih dibutuhkan oleh banyak orang. Peran tablet kini semakin penting di dunia bisnis, banyak pekerja yang menggunakannya untuk mendukung pekerjaan mereka. Dibandingkan dengan komputer dan laptop, tablet lebih mudah digunakan dan dibawa kemana-mana. Tampaknya 29% perusahaan akan membekali para karyawannya dengan tablet. Lebih lanjut, tablet memiliki daya tahan baterai yang lebih lama daripada smartphone, sehingga sangat cocok digunakan untuk bekerja.