Penggabungan Nokia Dan Alcatel-Lucent Mampu Kalahkan Samsung?

Nokia akan mengakuisisi Alcatel-Lucent sebagai bagian dari kebangkitannya di bisnis telepon seluler. Namun, apa keuntungan dari penggabungan ini yang akan diperoleh keduanya, Nokia dan Alcatel-Lucent? Kabar terkini menyebutkan CEO Alcatel-Lucent akan menerima sekitar €14 juta atau Rp 224 miliar dari penggabungan ini. Meskipun belum tercapai kesepakatan di antara kedua pihak, namun hal ini merupakan keputusan yang bijak dari Alcatel.

Sebelum kesepakatan tersebut diumumkan, Alcatel masih memiliki waktu beberapa bulan lagi untuk merampungkan seluruh kegiatan perdagangan dan bisnisnya sebelum diambil alih oleh Nokia. Dan CEO Alcatel, sejak penandatanganan kontrak nanti, akan menerima €14 juta sebagai bonus selama lebih dari 3 tahun.

nokia

Di saat Perancis yang sedang mengalami krisis ekonomi, pemerintah memanggil CEO Alcatel-Lucent, Combes, terkait hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa uang dengan jumlah itu bukan hanya digunakan untuk dirinya namun juga untuk rencana pemulihan Alcatel-Lucent. Perusahaan ini juga mengumumkan bahwa Combes telah menyelamatkan Alcatel-Lucent dari kebangkrutan dan inilah tujuan utama dari penggabungannya dengan Nokia.

Tetapi untuk Nokia, apa keuntungan yang diperoleh perusahaan asal Finlandia ini? Sebagaimana yang kita semua ketahui, Nokia pada tahun 2016 akan kembali ke bisnis telepon seluler yang saat ini dikuasai oleh Samsung. Untuk mendapatkan tenaga kerja dan seluruh dukungan yang diperlukan, mengakuisisi sebuah perusahaan kecil merupakan pilihan yang tepat. Lebih lanjut, sebagaimana Alcatel-Lucent memiliki hubungan kerja sama dengan beberapa perusahaan di China, salah satu pasar terbesar di dunia, Nokia akan memanfaatkan peluang ini dengan maksimal.

Apakah Anda mengetahui bahwa perusahaan hasil penggabungan Nokia dan Alcatel-Lucent akan berbasis di China?

Apapun itu, kebangkitan Nokia akan menciptakan persaingan smartphone yang cukup ketat dengan merek-merek smartphone ternama saat ini. Mari kita nantikan apakah banyak smartphone luar biasa yang akan dihadirkan Nokia pada tahun 2016 dan penggabungan ini akan menguntungkan kedua belah pihak.