Oppo F9 RESMI Meluncur: 6,3 inci, 25 MP AI, Poni BARU …..

Keluarga Oppo F kini memasuki babak baru. Di pertengahan Agustus 2018 ini, Oppo resmi memperkenalkan Oppo F9. Dibandingkan pendahulunya, ada beberapa pembaharuan yang ditawarkannya kepada kita. Aapa saja?

Oppo F9 – Desain dan spesifikasi

Oppo F7 cukup sukses mendorong popularitas Oppo di pasar. Salah satu hal yang dimiliki smartphone yang meluncur di semester pertama 2018 tersebut adalah poni di sebelah atas layarnya. Nah, layar berponi memang menjadi tren belakangan ini. Agar terlihat berbeda dari smartphone lainnya, Oppo memperkenalkan desain poni baru yang terlihat seperti tumpahan air dengan meluncurkan Oppo F9 di Asia Tenggara. Smartphone tersebut kabarnya akan dikenal sebagai Oppo F9 Pro di India. Desain poni seperti ini tampaknya terinspirasi dari Sharp Aquos S2 dan Essential PH1.

Sebagai konsekuensi dari penggunaan poni berbentuk seperti tumpahan air tersebut, layarnya menjadi semakin luas. Layar Oppo F9 berukuran 6,3 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel (Full HD+) dan rasio 19,5 : 9. Layarnya diklaim menguasai 90,8% dari sisi depan smartphone ini. Menariknya, layarnya dilindungi Gorilla Glass 6, membuatnya menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan kaca pelindung tersebut. Terkait sumber energi, Oppo F9 ditenagai baterai 3500 mAh, sedikit lebih besar dari baterai 3400 mAh milik pendahulunya. Pengisian ulangnya akan cepat berkat VOOC Flash Charging. Sangat disayangkan, Oppo F9 dibekali port micro USB, bukan USB Type C.

Beralih ke sektor performa, Oppo F9 diperkuat chipset Helio P60 yang dipadukan dengan RAM 4 GB. Hal ini berarti tidak ada peningkatan performa yang signifikan dibandingkan Oppo F7. Kabarnya juga akan tersedia varian dengan RAM 6 GB. Memori internalnya berkapasitas 64 GB dan masih dapat ditambah dengan kartu microSD. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo dengan antarmuka ColorOS 5.2. Untuk berfoto selfie, Oppo F9 masih mengandalkan kamera depan 25 MP yang didukung kecerdasan buatan. Di sisi belakang, kini terdapat dua kamera, terdiri dari kamera utama 16 MP (f/1.8) dan kamera sekunder 2 MP untuk menghasilkan efek bokeh. Selain itu, kita juga dapat jumpai pemindai sidik jari di sisi belakangnya. Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu merah, iru, dan ungu.

Oppo F9 – Harga dan ketersediaan

Oppo F9 dipastikan juga akan mendarat di Indonesia. Terkait harga, Oppo F9 varian RAM 4 GB dijual seharga 10,990 THB di Thailand dan 7690 VND di Vietnam. Bila dikonversi ke Dollar AS, harganya berkisar $330 atau Rp 4,8 juta. Nah, bagaimana pendapat kalian terkait Oppo F9?