Oppo F7 vs Asus Zenfone 5: Harga BEDA TIPIS, RAM 4 GB, Kamera 25 MP …..

Bila kalian berencana untuk membeli smartphone baru dengan desain terkini seharga Rp 4 jutaan, tampaknya ada dua smartphone yang patut kalian pertimbangkan yaitu Oppo F7 dan Asus Zenfone 5. Nah, mana yang sebaiknya kalian pilih?

Oppo F7 vs Asus Zenfone 5 – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Oppo F7 lebih dahulu mendarat di Indonesia pada April 2018. Sementara itu, Asus baru saja memperkenalkan Zenfone 5 generasi baru pada Mei 2018. Seperti disebutkan di atas, keduanya sama-sama hadir dengan desain terkini, terutama sisi depannya. Ya, Oppo F7 dan Asus Zenfone 5 mengusung layar berponi. Dilihat dari depan, keduanya terlihat mirip. Bagaimana dengan sisi belakangnya? Asus Zenfone 5 tampil dengan desain lebih baru dengan adanya kamera ganda yang disusun vertikal di pojok kiri atas.

Kembali ke sisi depan, Oppo F7 memiliki layar 6,23 inci, sedangkan layar Asus Zenfone 5 berukuran 6,2 inci. Meski demikian, resolusi layar keduanya sama yaitu Full HD+. Dari sektor performa, Oppo F7 diperkuat chipset Helio P60, sedangkan Asus Zenfone 5 diperkuat chipset Snapdragon 636. Kedua chipset ini tampaknya akan banyak digunakan smartphone kelas menengah tahun ini. Keduanya sama-sama dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot kartu microSD). Khusus Oppo F7, smartphone ini tersedia dalam varian RAM 6 GB + ROM 128 GB.

Untuk memotret pemandangan, Oppo F7 mengandalkan kamera belakang tunggal beresolusi 16 MP (f/1.8). Di sisi lain, Asus Zenfone 5 dibekali kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera sekunder 8 MP (f/2.0) dengan jangkauan sudut hingga 120 derajat. Kamera belakang ganda smartphone Asus tersebut lebih menawan. Sementara itu, untuk berfoto selfie, kamera depan 25 MP milik Oppo F7 jelas lebih handal dari kamera depan 8 MP milik pesaingnya. Kamera kedua smartphone ini sama-sama didukung kecerdasan buatan. Terkait sumber energi, baterai keduanya ternyata berbeda tipis: 3400 mAh (Oppo) vs 3300 mAh (Asus). Lebih lanjut, tiap smartphone juga dibekali pemindai sidik jari di sisi belakang serta sensor pengenal wajah. Yang terakhir, sistem operasi yang dijalankan juga sama yaitu Android Oreo namun dengan antarmuka yang berbeda: ColorOS 5.0 (Oppo) vs ZenUI 5.0 (Asus).

Oppo F7 vs Asus Zenfone 5 – Harga

Oppo F7 varian RAM 4 GB dijual seharga Rp 4,2 juta, sedangkan harga Asus Zenfone 5 sedikit lebih mahal yaitu Rp 4,3 juta. Di antara keduanya, baru Oppo F7 yang telah tersedia di pasar. Bila kalian mementingkan desain, Asus Zenfone 5 adalah jawabannya. Di sisi lain, bila kalian gemar berfoto selfie, Oppo F7 jelas adalah pilihan yang lebih tepat. Nah, mana yang kalian pilih?