Oppo F1s vs Vivo V5: Perang Kamera Selfie di Indonesia

Oppo F1s vs Vivo V5 adalah dua smartphone terbaru di Indonesia yang ditujukan untuk penggemar berfoto selfie karena memiliki kamera depan berkualitas. Namun, bila kalian harus memilih, mana yang kalian pilih? Untuk membantu kalian, kami bandingkan keduanya untuk kalian.

banner-1335x781-F1s-new

Oppo F1s vs Vivo V5 – Perang kamera selfie

Mari kita mulai perbandingan Oppo F1s vs Vivo V5 dengan membahas persamaannya. Pertama, kedua smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Di dalamnya, keduanya juga dibekali chipset MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz. Selain itu, keduanya juga menawarkan memori internal 32 GB yang dapat ditambah hingga 128 GB dengan microSD card.

Pada bagian belakangnya, kita dapat menjumpai kamera utama 13 MP dengan LED flash dan PDAF serta dua garis antena horizontal. Di bawah layarnya, terdapat tombol home fisik yang ditanamkan pemindai sidik jari, baik pada Oppo F1s maupun Vivo V5. Sampai di sini, tampaknya kedua smartphone ini benar-benar seimbang, namun kalian akan mengetahui kelemahannya setelah mengetahui perbedaannya.

Vivo-V5-full-image

Pertama, meskipun dengan chipset yang sama, performa Vivo V5 lebih tangguh berkat RAM yang lebih besar dari pesaingnya, 4 GB vs 3 GB. Terkait sistem operasi, Vivo V5 sudah menjalankan Android 6.0 Marshmallow dengan antarmuka Funtouch OS 2.6, sedangkan Oppo F1s masih menjalankan Android 5.1 Lollipop dengan ColorOS 3.0. Selain itu, Vivo V5 juga mengalahkan pesaingnya dalam hal kamera depan. Ya, kamera depannya beresolusi 20 MP dengan sensor Sony IMX376, diafragma f/2.0, dan Moonlight Flash, sedangkan kamera depan Oppo F1s beresolusi 16 MP (f/2.0) tanpa dukungan LED flash. Namun, kapasitas baterai Oppo F1s sedikit lebih besar dari pesaingnya, 3075 mAh vs 3000 mAh.

Oppo F1s vs Vivo V5 – Harga

Dari perbandingan di atas, tampak jelas bahwa Vivo V5 lebih unggul dalam hal performa, sistem operasi lebih baru, serta kamera depan lebih baik. Namun, dengan spesifikasi lebih baik, apakah harganya lebih mahal dari Oppo F1s? Jawabannya tidak. Vivo V5 ditawarkan dengan harga Rp 3,5 juta. Di sisi lain, untuk membawa pulang Oppo F1s, kalian perlu membayar Rp 3,8 juta. Dengan harga yang lebih murah, Vivo V5 tentu lebih diminati oleh para konsumen. Kalian setuju?