OnePlus 6 vs Xiaomi Mi 8 Explorer: RAM 8 GB, ROM 256 GB, Harga Beda TIPIS

Dalam artikel ini, mari kita bandingkan OnePlus 6 dan Xiaomi Mi 8 Explorer. Keduanya adalah smartphone terbaik dari tiap merek yang ada hingga bulan Juni ini. Nah, mana yang sebaiknya kalian beli? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.

OnePlus 6 vs Xiaomi Mi 8 Explorer – Perbandingan spesifikasi

Menariknya, OnePlus 6 dan Xiaomi Mi 8 Explorer sama-sama meluncur pada bulan Mei 2018. Keduanya tentu akan bersaing ketat di pasar. Sebelum melangkah lebih lanjut, perlu diketahui bahwa kami hanya melibatkan OnePlus 6 varian RAM 8 GB untuk melawan Xiaomi Mi 8 Explorer. Mari kita mulai dengan mencermati performanya. Keduanya sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Hal ini berarti performa keduanya cukup berimbang. Sistem operasi yang dijalankannya juga Android Oreo, namun dengan antarmuka berbeda: Oxygen OS (OnePlus) vs MIUI (Xiaomi).

Untuk urusan media penyimpanan, varian RAM 8 GB dari OnePlus 6 menyediakan dua pilihan memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB. Sementara itu, Xiaomi Mi 8 Explorer menyediakan memori internal 128 GB saja. Kedua smartphone ini sama-sama tidak dilengkapi slot kartu microSD. Lebih lanjut, kelahiran keduanya menandai keikutsertaan kedua merek ini dalam tren layar berponi. OnePlus 6 hadir dengan layar Optic AMOLED 6,28 inci, sedangkan Xiaomi Mi 8 Explorer berlayar Super AMOLED 6,21 inci. Resolusi layar keduanya sama yaitu Full HD+.

Dari sektor fotografi, OnePlus 6 menawarkan kamera belakang ganda (16 MP + 20 MP) dan kamera depan 16 MP, sedangkan Xiaomi Mi 8 Explorer menawarkan kamera belakang ganda (12 MP + 12 MP) dan kamera depan 20 MP. Terkait sumber energi, OnePlus 6 ditenagai baterai 3300 mAh, lebih besar dari baterai 3000 mAh milik Xiaomi Mi 8 Explorer. Dari sektor sistem keamanan, OnePlus 6 dibekali sensor pengenal wajah serta pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang. Sementara itu, sistem keamanan Xiaomi Mi 8 Explorer lebih canggih karena dibekali Face ID (pertama pada smartphone Android) serta pemindai sidik jari dalam layar.

OnePlus 6 vs Xiaomi Mi 8 Explorer – Harga

Di China, OnePlus 6 varian RAM 6 GB dan 8 GB dijual seharga 3599 Yuan (Rp 7,9 juta) dan 3999 Yuan (Rp 8,8 juta) berturut-turut. Di sisi lain, harga Xiaomi Mi 8 Explorer adalah 3699 Yuan (Rp 8 juta). WOW!! Dengan harga lebih murah, Xiaomi Mi 8 Explorer menawarkan sistem keamanan yang lebih canggih serta kamera depan lebih baik. Sementara itu, meski lebih mahal, OnePlus 6 menyediakan memori internal dan baterai lebih besar. Nah, mana yang lebih kalian sukai?