Nokia X5 RESMI Meluncur: RAM 4 GB, Dual 13 MP, Harga Terjangkau ….

Di bulan Juli 2018 ini, HMD Global secara resmi memperkenalkan smartphone kelas menengah terbaru Nokia yang bernama Nokia X5 atau yang juga dikenal sebagai Nokia 5.1 Plus. Nah, bagaimana desain serta spesifikasinya? Mari kita lihat bersama.

Nokia X5 – Desain dan spesifikasi

Di bulan Mei lalu, kita sudah menjadi saksi kelahiran Nokia X6, smartphone pertama Nokia dengan layar berponi. Nah, Nokia X5 hadir sebagai smartphone kedua Nokia dengan layar 19 : 9. Dari namanya, sudah dapat diketahui bahwa spesifikasi yang dimilikinya lebih rendah dari saudaranya. Sisi depan dan belakangnya dilapisi kaca, sedangkan bingkainya terbuat dari logam. Nokia X5 memiliki dimensi 149,51 x 71,98 x 8,096 mm dan berat 160 gram.

Kita cermati sisi depannya lebih dulu. Terdapat layar 5,86 inci beresolusi 720 x 1520 piksel (HD+). Sudut-sudut layarnya melengkung. Layarnya menguasai 84% dari sisi depan Nokia X5. Pada dagunya terdapat logo Nokia. Sementara itu, pada poninya terdapat earpiece serta kamera 8 MP dengan diafragma f/2.2 dan jangkauan sudut 84 derajat. Kamera 8 MP ini juga berfungsi sebagai sensor pengenal wajah. Beralih ke sisi belakang, kita akan jumpai logo Nokia, pemindai sidik jari, kamera ganda yang disusun vertikal, serta LED flash. Kamera gandanya terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.0) dan kamera sekunder 5 MP. Seperti mayoritas smartphone menengah terbaru Nokia lainnya, kamera Nokia X5 juga didukung kecerdasan buatan.

Satu hal lagi, Nokia X5 juga dilengkapi fitur bothie yang memungkinkan kita menggunakan kamera belakang dan depan secara bersamaan. Terkait performa, Nokia X5 diperkuat chipset Helio P60 yang dipadukan dengan RAM 3 GB atau 4 GB. Varian RAM 3 GB menyediakan memori internal 32 GB, sedangkan varian RAM 4 GB menyediakan memori internal 64 GB. Tersedia slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya. Sistem operasi yang dijalankannya Android Oreo murni yang dipastikan akan diperbaharui ke Android P nanti. Nokia X5 mendapat energi dari baterai 3060 mAh.

Nokia X5 – Harga dan ketersediaan

Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu hitam, putih, dan biru. Nokia X5 dijual seharga 999 Yuan (Rp 2,2 juta) untuk varian RAM 3 GB dan 1399 Yuan (Rp 2,8 juta) untuk varian RAM 4 GB. Seperti Nokia X6, Nokia X5 juga baru akan tersedia di China saja. Smartphone ini kabarnya akan diluncurkan untuk pasar global dengan nama Nokia 5.1 Plus, seperti yang dirumorkan sebelumnya. Kita nantikan saja.