Nokia Sedang Mencari Mitra Kelas Dunia untuk Kembali ke Bisnis Smartphone

Nokia beberapa waktu lalu secara resmi memberikan pernyataan yang menegaskan bahwa mereka akan kembali memproduksi dan menjual smartphone. Menurut juru biccara Nokia bidang teknologi, Robert Morlino, mereka berencana untuk kembali meramaikan pasar smartphone, namun kali ini Nokia tidak akan memproduksi smartphonenya sendiri.

Morlino mengingatkan dunia bahwa ketika Nokia menjual divisi usaha smartphone ke Microsoft, mereka juga melepas divisi yang bertugas untuk merakit atau memproduksi, pemasaran, dan distributor, yang sangat diperlukan untuk mengembangkan dan menjual smartphone saat ini. Nokia akan kembali ke bisnis smartphone melalui penjualan lisensi merek Nokia. Saat ini, Nokia sedang mencari mitra kelas dunia yang akan berperan untuk merakit atau memproduksi, menjual, dan memasarkan smartphone Nokia, serta memberikan pelayanan kepada para konsumennya. Peran Nokia adalah memberi panduan dan pengembangan desain dan teknologi dari smartphone Nokia.

Nokia belum dapat memasarkan dan menjual smartphone dengan merek Nokia hingga kuartal ketiga tahun 2016 sebagai bagian kesepakatan yang dicapai dengan Microsoft beberapa tahun yang lalu. Oleh sebab itu, Nokia hingga saat ini hanya dapat merancang desain untuk smartphone yang akan diluncurkan nanti.

Nokia telah menerapkan sistem penjualan lisensi merek Nokia kepada Foxcon yang memproduksi serta menjual tablet Nokia N1.

Segala hal yang sedang dilakukan oleh Nokia saat ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan bulan lalu terkait rencana Nokia untuk kembali bertarung di pasar smartphone.