Nokia Resmi Bekerja Sama Dengan Xiaomi

Pada awal Juli ini, kita semua dihebohkan dengan pengumuman kerja sama antara Nokia dan Xiaomi. Nah, apa isi kerja sama antara raksasa asal Finlandia dan China tersebut? Mari kita cari tahu bersama.

Nokia Resmi Bekerja Sama Dengan Xiaomi

Pada hari Rabu, 5 Juli 2017, Nokia mengumumkan kerja sama dengan Xiaomi pada situs resminya. Kerja sama tersebut mencakup bisnis dan perjanjian paten. Rajeev Suri, Presiden dan CEO Nokia, mengaku bangga dapat berkolaborasi dengan salah satu produsen smartphone terbesar dan ternama di dunia. Ya, Xiaomi dikenal dengan smartphone yang dibekali spesifikasi inovatif dengan harga terjangkau. Di lain pihak, Lei Jun selaku pemimpin dan CEO Xiaomi juga merasa senang dapat bekerja sama dengan Nokia di masa depan untuk terus memberikan inovasi yang mutakhir kepada dunia. Selain smartphone, Xiaomi juga mulai merambah segmen perangkat Internet of Things (IoT).

Nah, dalam kerja sama tersebut, Nokia berperan sebagai pihak yang menyediakan infrastruktur jaringan yang mampu menyalurkan data dalam jumlah besar namun tidak mengonsumsi energi yang banyak. Hal ini tentunya diinginkan oleh para penyedia web raksasa serta pengelola pusat data. Nokia dan Xiaomi juga bekerja sama untuk mengembangkan solusi transfer data optik. Selain itu, keduanya juga sepakat untuk mengembangkan kerja sama di bidang lainnya, seperti Internet of Things (IoT), augmented dan virtual reality, serta kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Nokia Resmi Bekerja Sama

Lebih lanjut, berdasarkan rumor, melalui kerja sama ini, Nokia berencana untuk menggunakan chipset pertama buatan Xiaomi yaitu Surge S1 pada smartphone terbarunya nanti. Karena chipset tersebut ditujukan untuk smartphone kelas menengah, dapat dipastikan bahwa Nokia akan meluncurkan smartphone kelas menengah baru. Seperti diketahui, chipset Surge S1 memiliki 8 prosesor inti dengan kecepatan maksimal 2,2 GHz. Chipset ini bahkan diklaim lebih tangguh dari Snapdragon 625. Seperti diketahui, Xiaomi Mi 5C adalah yang pertama yang diperkuat chipset tersebut. Kemungkinan Nokia adalah merek kedua yang akan dibekali chipset buatan Xiaomi tersebut.

Kerja sama Nokia & Xiaomi – Raksasa Finlandia dan Xiaomi

Pengumuman kerja sama ini tentunya merupakan kabar gembira untuk pecinta Nokia dan Xiaomi di seluruh dunia. Semoga, melalui kerja sama ini, Nokia dapat melahirkan smartphone mutakhir dengan harga yang lebih terjangkau. Di sisi lain, Xiaomi diharapkan dapat menghasilkan smartphone berharga terjangkau dengan beberapa peningkatan teknologi pada beberapa aspek. Nah, bagaimana pendapat kalian terkait hal ini?