Nokia Gugat Apple Terkait Pelanggaran 32 Hak Paten

Nokia Corp mengajukan gugatan melawan Apple Inc terkait pelanggaran hak paten dan hak intelektual yang digunakan oleh produsen berlogo buah apel tersebut pada iPhone dan beberapa produknya.

nokia apple

Nokia gugat Apple terkait pelanggaran hak paten

Gugatan melawan Apple diajukan oleh Nokia pada Selasa pekan lalu di Amerika Serikat dan Jerman. Gugatan ini menjadi perseteruan hak intelektual yang kedua antara Nokia dan Apple sejak 2009. Sebelumnya, Apple telah membuat perjanjian dengan Nokia pada tahun 2011 untuk membayar lisensi atas penggunaan beberapa teknologi Nokia pada iPhone. Apple juga mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri California Utara. Menurut produsen yang bermarkas di Cupertino, California, Nokia tidak mengikutsertakan beberapa paten dari perjanjiann yang kedua pihak tanda tangani.

Nokia bersama pihak ketiganya dituduh ingin memeras pembayaran royalti tambahan dari Apple. Apple memohon kepada pengadilan untuk memutuskan bahwa Nokia telah melanggar perjanjiannya sendiri. Di sisi lain, menurut Nokia, Apple telah melanggar setidaknya 32 hak paten, meliputi antarmuka pengguna, piranti lunak, layar, chipset,danteknologi video coding. Nokia memutuskan untuk mengajukan gugatannya ke pengadilan negeri di tiga kota di Jerman (Dusseldorf, Mannheim, dan Munich) serta pengadilan di negara bagian Texas.

Nokia Gugat Apple

Nokia secara resmi mengajukan gugatan melawan Apple terkait pelanggaran hak paten, setelah Apple menggugat Acacia Research Corp dan Conversant Intellectual Property Management Inc. Kedua pihak tersebut dituduh bekerja sama dengan Nokia untuk memeras Apple. Yang pasti, Nokia menegaskan bahwa pihaknya tidak akan bermain-main dan ingin serius untuk mempersiapkan kebangkitannya di industri perangkat telekomunikasi. Seperti diketahui, Nokia menjadi produsen telepon seluler nomor satu di dunia sejak 1998 hingga awal 2011.

Siapa yang akan menjadi pemenang dalam perkara ini?

Kami yakin perkara ini hanya sebuah kesalahpahaman antara Nokia dan Apple. Nokia memutuskan untuk menggugat Apple sesaat setelah Apple menuduh dua mitra Nokia atas pemerasan terhadap produsen asal America Serikat tersebut. Menurut kalian, apakah perkara pelanggaran hak paten antara dua raksasa ini akan berbuntut panjang? Silahkan berbagi dengan kami.