Nokia C1 Vs Lumia 950 XL: Dua Smartphone Yang Paling Dinantikan 

Nokia dan Microsoft yang sebelumnya bekerja sama di bawah nama yang sama kini memiliki rencana bisnis yang berbeda. Kali ini, kita akan melihat perbandingan produk smartphonenya yang sangat dinantikan kehadirannya: Nokia C1 Vs Lumia 950 XL.

Nokia C1 dikabarkan akan menjadi smartphone berbasis Android pertama dari Nokia ketika kembali ke industri smartphone tahun 2016. Di lain pihak, Lumia 950 XL menjadi smartphone paling premium dari Microsoft yang diluncurkan pada kuartal terakhir tahun 2015 dengan menjalankan Windows 10.

Mari kita lihat lebih dekat kedua smartphone tersebut.

Nokia C1 Vs Lumia 950 XL – Ketersediaan dan harga

Bocoran gambar Nokia C1 pertama kali beredar bulan lalu, September 2015. Dengan beredarnya konsep smartphone itu, para pecinta Nokia merasa sangat tertarik dengan perangkat tersebut. Nokia C1 dikabarkan akan menjadi smartphone Android pertama dari Nokia. Beberapa spesifikasi Nokia C1 meliputi layar 5 inci, RAM 2 GB, dan memori internal 16 GB. Kameranya kemungkinan akan beresolusi 8 MP dan 5 MP atau lebih tinggi. Harganya diperkirakan tidak lebih dari Rp 4,5 juta.

cats

Di sisi lain, Lumia 950 XL merupakan smartphone papan atas terbaru Microsoft tahun 2015. Microsoft bahkan mempromosikan smartphone ini sebagai smartphone paling produktif yang belum pernah ada sebelumnya. Untuk spesifikasinya, Lumia 950 XL menggabungkan berbagai spesifikasi terbaik di dunia smartphone saat ini: Layar 5,7 inci, RAM 3 GB, kamera 20 MP PureView, dan chipset Snapdragon 810. Hal ini menjadikan harga Lumia 950 XL lebih tinggi dibandingkan smartphone lainnya yaitu sekitar Rp 9 juta.

Nokia C1 Vs Lumia 950 XL – Android vs Windows

Di satu sisi Nokia ingin beralih menggunakan Android yang sedang populer saat ini, Microsoft masih tetap menggunakan Windows 10. Kedua strategi yang berbeda itu bisa dipahami. Popularitas Nokia akan membantu perusahaan itu untuk meraih kesuksesan ketika kembali ke pasar smartphone. Di lain pihak, penggunaan Windows 10 membuat Microsoft memiliki ciri khas di dunia smartphone, namun kurang menarik minat para konsumen untuk memilikinya.

Nokia C1 Vs Lumia 950 XL – kelas menengah vs kelas atas

Bertarung di pasar smartphone kelas menengah tentunya menjadi pilihan Nokia karena pasar smartphone kelas menengah memiliki pembeli potensial yang paling besar.

Dengan fiturfitur canggih, Microsoft ingin membuktikan kemampuannya untuk menghasilkan produk smartphone berkualitas tinggi. Hal ini juga membuktikan bahwa Microsoft memiliki produkproduk yang kompetitif di tengah persaingan pasar yang sangat sengit.

Kesimpulan

Baik telah diluncurkan maupun belum diluncurkan, Nokia C1 VS Lumia 950 XL merupakan dua smartphone yang sangat ditunggutunggu kehadirannya. Nokia C1 dinantikan untuk menyambut kembalinya sang legenda ke industri smartphone, sedangkan Lumia 950 XL digemari karena kualitas yang dimilikinya. Tidak peduli strategi bisnis seperti apa yang akan diterapkan, keduanya merupakan perusahaan ternama dan oleh karena itu produk-produk yang dihasilkan juga merupakan yang terbaik.