Nokia C1 vs BlackBerry DTEK50: Perang Smartphone RAM 3 GB

Nokia C1 vs BlackBerry DTEK 50, pertarungan antara smartphone Android pertama Nokia vs smartphone Android kedua BlackBerry. Nah, smartphone yang mana yang lebih unggul?

Nokia C1 VS BlackBerry DTEK50

Nokia C1 vs BlackBerry DTEK50 – Perang smartphone RAM 3 GB

Nokia dan BlackBerry pernah menjadi merek smartphone populer di pasar. Namun, mereka tidak mampu bersaing dengan merek smartphone Android lainnya. Mereka kehilangan pangsa pasarnya dari para pesaingnya. Sebagai akibatnya, Nokia harus menjual divisi smartphone miliknya ke Microsoft. Di sisi lain, BlackBerry juga jauh tertinggal dari para pesaingnya. Kali ini, mereka bangkit kembali dengan menghadirkan smartphone Android. Smartphone tersebut diyakini akan mengembalikan pangsa pasar keduanya.

BlackBerry satu langkah lebih awal dari produsen asal Finlandia tersebut. Pada tahun lalu, BlackBerry meramaikan pasar smartphone Android dengan BlackBerry Priv. Tahun ini, mereka merilis smartphone Android terbarunya yaitu BlackBerry DTEK50. Smartphone yang menjalankan Android 6.0 Marshmallow ini diperkuat chipset Snapdragon 617 dan RAM 3 GB. Spesifikasi lainnya adalah layar 5,2 inci beresolusi Full HD, memori internal 16 GB (didukung slot microSD card), baterai 2610 mAh, kamera utama 13 MP, dan kamera depan 8 MP. Dengan didukung software DTEK, smartphone ini menjadi salah satu smartphone Android paling aman saat ini.

Nokia C1 VS BlackBerry DTEK50

Di sisi lain, Nokia, yang sudah lama dinantikan, akhirnya benar-benar hadir pada akhir tahun ini. Nokia bekerja sama dengan HDM dan Foxcon untuk mengembalikan smartphone Nokia ke pertarungan smartphone dunia. Nokia C1 akan dibekali chipset Snapdragon 820 dan sistem operasi Android 7.0 Nougat. Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi Quad HD. Yang menjadi perhatian utama dari Nokia C1 adalah kamera utamanya yang beresolusi 22,6 MP dengan sensor Graphene. Lebih lanjut, smartphone Nokia tersebut juga didukung fitur kedap air dan debu (IP68).

Nokia C1 vs BlackBerry DTEK50 – Harga dan ketersediaan

Nokia C1 vs BlackBerry DTEK50 memiliki keunggulan tersendiri. Nokia C1 memiliki spesifikasi yang lebih tangguh dengan kamera 22,6 MP yang menawan. BlackBerry DTEK50 memiliki software DTEK yang dapat melindungi smartphone dengan sempurna. Software tersebut dapat memantau pesan dan panggilan serta memberi tahu kepadda kalian bila ada seseorang yang menggunakan aplikasi tertentu. Dengan spesifikasi yang tidak terlalu mutakhir, harga BlackBerry DTEK50 juga lebih murah, sekitar $299 atau Rp 3,9 juta. Sementara itu, harga Nokia C1 tentunya lebih mahal, diprediksi lebih dari Rp 7 juta. Kalian sudah dapat membeli smartphone BlackBerry tersebut yang sudah tersedia mulai Agustus 2016. Bila kalian ingin membeli Nokia C1, kalian harus menunggu lebih lama karena baru akan meluncur pada akhir tahun ini atau tahun depan.