Nokia 3 vs Sony Xperia L1: Layar 5,5 inci + Android 7.0 Nougat

Nokia 3 vs Sony Xperia L1 adalah dua smartphone paling murah yang diperkenalkan oleh dua raksasa asal Finlandia dan Jepang di kuartal pertama tahun ini. Di antara keduanya, mana yang lebih unggul? Ikuti ulasan singkat kami untuk mengetahui jawabannya.

2262017101318PM_635_nokia_3

Nokia 3 vs Sony Xperia L1 – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Nokia 3 hadir terlebih dahulu pada MWC 2017, sedangkan Sony Xperia L1 baru saja diperkenalkan pada pekan ini. Menariknya, keduanya memiliki banyak persamaan sehingga kami memutuskan untuk membandingkannya untuk mengetahui mana yang lebih baik. Dalam hal performa, baik Nokia 3 maupun Sony Xperia L1 sama-sama diperkuat chipset MediaTek MT6737 quad-core 1,4 GHz dipadukan dengan RAM 2 GB. Tak hanya itu, sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android 7.0 Nougat.

Untuk keperluan menyimpan data, keduanya menawarkan memori internal 16 GB. Bila kalian merasa belum cukup, kalian masih dapat menambahnya dengan microSD card. Terkait sistem keamanan, Nokia dan Sony tidak membekalinya dengan pemindai sidik jari. Pada sisi depannya, kita dapat menjumpai layar beresolusi 720 x 1280 piksel (HD) yang dilindungi lapisan anti gores. Sampai di sini, dapat kita simpulkan bahwa Nokia 3 dan Sony Xperia L1 akan bersaing ketat di pasar. Nah, apa perbedaan yang perlu kalian cermati sebelum menentukan pilihan?

Nokia 3 vs Sony Xperia L1

Pertama, dimensi Nokia 3 lebih kecil karena dibekali layar 5 inci, sedangkan Sony Xperia L1 lebih besar dengan layar 5,5 inci. Nokia 3 tentu lebih disukai mereka yang gemar dengan smartphone berukuran kecil. Untuk memotret foto, Nokia 3 hadir dengan kamera utama 8 MP (f/2.0) dan kamera depan 8 MP (f/2.0), sedangkan pesaingnya hadir dengan kamera utama 13 MP (f/2.2) dan kamera depan 5 MP (f/2.2). Para penggemar berfoto selfie tentu memilih Nokia 3, sedangkan Sony Xperia L1 lebih cocok untuk memotret pemandangan. Yang terakhir terkait sumber energi. Kapasitas baterai yang dimiliki Nokia 3 sedikit lebih besar dari pesaingnya: 2650 mAh vs 2620 mAh.

Nokia 3 vs Sony Xperia L1 – Harga dan ketersediaan

Harga Nokia 3 sudah diumumkan yaitu berkisar $147 atau Rp 2 juta. Sementara itu, harga Sony Xperia L1 masih belum diketahui, namun diyakini akan lebih mahal karena smartphone buatan Sony terkenal berharga lebih mahal dari pesaingnya meskipun memiliki spesifikasi yang hampir sama. Nah, mana yang menjadi pilihan kalian, Nokia 3 atau Sony Xperia L1?