Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime: Perang 2 Smartphone Murah dari 2 Raksasa

Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime, dua smartphone yang bertarung di pasar smartphone kelas bawah. Meskipun demikian, keduanya masih cukup pantas untuk dipertimbangkan saat ini. Namun, mana yang lebih unggul?

Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime – Spesifikasi

Pada artikel ini, kita akan melihat pertarungan dua smartphone dari dua raksasa, bukan di segmen premium, melainkan segmen bawah. Dua smartphone yang kami libatkan adalah Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime. Nokia 3 pertama kali diperkenalkan di Februari 2017 dan baru tersedia secara global mulai pertengahan Mei. Sementara itu, pesaingnya terlebih dahulu lahir di bulan November 2016 dan sudah tersedia di berbagai negara termasuk Indonesia. Menariknya, keduanya memiliki beberapa persamaan.

Pertama, keduanya hadir dengan layar 5 inci. Meskipun ukurannya sama, layar Nokia 3 lebih baik karena beresolusi 720 x 1280 piksel, sedangkan resolusi layar pesaingnya adalah 540 x 960 piksel. Lebih lanjut, chipset yang memperkuat keduanya juga sama yaitu MediaTek MT6737 quad-core 1,4 GHz. Namun, kemampuan multi tasking Nokia 3 lebih baik karena chipset tersebut dipadukan dengan RAM 2 GB, sedangkan Galaxy J2 Prime dibekali RAM 1,5 GB. Untuk memotret pemandangan, keduanya juga menawarkan kamera utama 8 MP yang didukung autofocus dan LED flash, namun diafragmanya berbeda: f/2.0 (Nokia) vs f/2.2 (Samsung). Dengan diafragma lebih besar, kameranya mampu menangkap cahaya lebih banyak di tempat redup.

Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime

Terkait media penyimpanan, Nokia 3 dibekali memori internal 16 GB, sedangkan kapasitas memori internal pesaingnya separuh lebih kecil yaitu 8 GB. Meskipun berbeda, memori internalnya masih dapat ditambah dengan microSD card. Untuk berfoto selfie, Nokia 3 dilengkapi kamera depan 8 MP (autofocus + f/2.0), sedangkan pesaingnya hadir dengan kamera depan 5 MP (f/2.2). Kapasitas baterai keduanya tidak berbeda jauh: 2630 mAh (Nokia) vs 2600 mAh (Samsung). Nah, karena Nokia 3 lebih baru, sistem operasi yang dijalankannya juga lebih baru yaitu Android 7 Nougat, sedangkan pesaingnya masih menjalankan Android 6 Marshmallow. Sayangnya, keduanya sama-sama tidak memiliki pemindai sidik jari.

Nokia 3 vs Samsung Galaxy J2 Prime – Harga

Di Indonesia, Samsung Galaxy J2 Prime sudah dapat dibeli dengan harga Rp 1,6 juta. Sementara itu, Nokia 3 masih belum tersedia di tanah air. Di uar negeri, harganya cukup beragam, berkisar $140 atau Rp 1,9 juta. Bila dipasarkan di Indonesia nanti, harga Nokia 3 tetap akan lebih mahal dari Samsung Galaxy J2 Prime. Menurut kami, harga tersebut cukup wajar karena memiliki spesifikasi yang lebih baik. Kalian setuju?