Motorola Moto M vs ZTE Nubia Z11: RAM 4 GB, Layar 5,5 Inci, Dan ROM 64 GB

Pada artikel ini, kami ingin membandingkan Motorola Moto M vs ZTE Nubia Z11, dua smartphone dengan spesifikasi terbaik di kelasnya, seperti RAM 4 GB, layar 5,5 inci, dan banyak lagi. Siapa yang menjadi pemenangnya? Mari kita cari tahu bersama.

Moto-M-1

Motorola Moto M vs ZTE Nubia Z11 – Perang smartphone RAM 4 GB

Seperti yang kita ketahui, ZTE Nubia Z11 hadir dalam dua pilihan RAM yaitu 4 GB dan 6 GB. Sementara itu, Motorola Moto M juga tersedia dalam dua pilihan RAM yaitu 3 GB dan 4 GB. Dalam pertarungan ini, kami akan libatkan varian dengan RAM 4 GB saja. Terkait dengan performa, Moto M diperkuat chipset Helio P15 octa-core 2,2 GHz. Di sisi lain, Nubia Z11 dipersenjatai chipset Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz. Meskipun tiap chipset tersebut sama-sama dipadukan dengan RAM 4 GB, sangat jelas bahwa performa ZTE Nubia Z11 jauh lebih tangguh karena Snapdragon 820 adalah chipset untuk smartphone papan atas, sedangkan Helio P15 untuk kelas menengah.

Lebih lanjut, pada bagian depan dari Motorola Moto M vs ZTE Nubia Z11, terdapat layar 5,5 inci beresolusi Full HD. Untuk keperluan menyimpan data, keduanya sama-sama menawarkan memori internal 64 GB. Bila kalian memerlukan kapasitas tambahan, kalian dapat memasukkan microSD card ke slot yang tersedia pada tiap smartphone tersebut. Sistem operasi yang dijalankan keduanya juga sama yaitu Android 6.0.1 Marshmallow.

thumb_14344_default_big

Untuk memotret foto, baik Motorola Moto M maupun ZTE Nubia Z11 menyediakan kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP. Kita dapat berasumsi bahwa kualitas foto yang dihasilkan keduanya cukup berimbang. Di samping itu, untuk mengamankan semua data kalian, tiap smartphone juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada bagian belakang. Yang terakhir, mari kita perhatikan sumber energinya. Moto M ditenagai baterai 3050 mAh, sedangkan kapasitas baterai Nubia Z11 sedikit lebih kecil yaitu 3000 mAh.

Motorola Moto M vs ZTE Nubia Z11 – Harga dan ketersediaan

Secara umum, Motorola Moto M dan ZTE Nubia Z11 memiliki persamaan spesifikasi, mulai dari layar, RAM, memori internal, kamera, hingga sistem operasi. Namun, terkait dengan performa, ZTE Nubia Z11 jelas lebih unggul dari pesaingnya berkat chipset Snapdragon 820. Nah, bagaimana dengan harganya? Motorola Moto M ditawarkan dengan harga sekitar $265 atau Rp 3,58 juta, sedangkan ZTE Nubia Z11 sekitar $470 atau Rp 6,35 juta. Bila kalian harus memilih, smartphone mana yang kalian pilih?