Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus: Perang RAM 4 GB

Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus adalah pertarungan ketat antara dua smartphone RAM 4 GB. Moto M adalah smartphone RAM 4 GB terbaru dari Lenovo, sedangkan satu lagi adalah ahlinya berfoto selfie dari Oppo. Mana yang akan menjadi pemenangnya? Mari kita cari tahu.

Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus

Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus – Smartphone RAM 4 GB

Pertama, mari kita cermati performanya. Kedua smartphone tersebut sama-sama menggunakan chipset buatan MediaTek. Motorola Moto M diperkuat chipset Helio P15 octa-core 2,2 GHz, sedangkan Oppo F1 Plus dengan Helio P10 octa-core 2,0 GHz. Kedua chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB. Meskipun sama-sama dibekali RAM 4 GB, namun dengan chipset yang lebih baru serta prosesor yang lebih cepat, performa Moto M tentunya lebih tangguh.

Selanjutnya, mari kita perhatikan kameranya. Motorola Moto M hadir dengan kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP, sedangkan Oppo F1 Plus hadir dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 16 MP. Untuk berfoto selfie, sangat jelas bahwa smartphone Lenovo tersebut tidak mampu mengungguli Oppo F1 Plus karena resolusi kamera depannya setengah lebih rendah dari pesaingnya. Namun, untuk memotret pemandangan, kamera utama smartphone Lenovo tersebut lebih unggul.

Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus

Motorola Moto M kembali mengungguli pesaingnya dalam hal sistem operasi dan baterai. Ya, smartphone Lenovo tersebut dibekali Android 6.0.1 Marshmallow serta baterai 3050 mAh. Sementara itu, Oppo F1 Plus masih menggunakan Android 5.1 Lollipop dan baterai lebih kecil dengan kapasitas 2850 mAh. Di sisi lain, smartphone Oppo tersebut mampu mengalahkan pesaingnya karena memiliki memori internal yang lebih besar, 64 GB vs 32 GB. Akan tetapi, keduanya sama-sama dilengkapi slot microSD card.

Dari aspek desain, keduanya hadir dengan unibodi berbahan logam yang membuatnya terlihat mewah. Kita juga dapat menjumpai dua garis antena horizontal pada bagian belakang. Sementara itu, pada bagian depan dari kedua smartphone ini terdapat layar 5,5 inci Full HD. Lebih lanjut, untuk sistem keamanan, keduanya memiliki pemindai sidik jari yang terletak pada bagian berbeda: di bawah kamera utama (Motorola) vs di bawah layar (OPPO).

3d75ac489f1b35a25ed340f958808cb76900c259

Motorola Moto M vs Oppo F1 Plus – Perang harga

Dari perbandingan di atas, masing-masing smartphone memiliki kelebihan dan kekurangan. Oppo F1 Plus lebih unggul dalam hal kamera dan memori internal, sedangkan Motorola Moto M dalam hal chipset, sistem operasi, dan baterai. Namun, meskipun lebih baru, harga smartphone Lenovo tersebut lebih murah, sekitar $294 atau Rp 3,9 juta. Di sisi lain, harga Oppo F1 Plus masih berkisar Rp 5,5 juta. Jadi, bila kalian mencari smartphone dengan kamera lebih baik, Oppo F1 Plus adalah jawabannya. Namun, bila kalian mencari smartphone lebih murah dengan performa lebih baik, pilihlah Motorola Moto M.