Monster RAM 8 GB, ROM 128 GB, 4000 mAh, Xiaomi vs Razer

Kali ini, mari kita bandingkan dua smartphone RAM 8 GB paling fenomenal yang ada saat ini yaitu Xiaomi Mi Mix 2 dan Razer Phone. Keduanya tentu diincar mereka yang menginginkan smartphone dengan performa tangguh. Namun, mana yang sebaiknya kalian beli?

Xiaomi Mi Mix 2 dan Razer Phone

Xiaomi Mi Mix 2 vs Razer Phone – Desain dan spesifikasi

Dalam hal desain, Mi Mix 2 telah mengikuti tren bezel-less yang sedang hangat saat ini. Layarnya berukuran 5,99 inci dengan resolusi 1080 x 2160 piksel (Full HD+). Sementara itu, Razer Phone masih hadir dengan bezel tebal. Hal ini untuk mengakomodasi dua speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi 1440 x 2560 piksel (Quad HD). Layar Razer Phone cukup istimewa karena berteknologi UltraMotion 128 Hz yang membuat pergerakan grafis lebih mulus.

Meski memiliki desain yang berbeda jauh, kedua smartphone ini memiliki performa yang fantastis berkat chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Sistem operasi yang dijalankannya masih Android 7 Nougat dan tentunya akan diperbaharui ke Android 8 Oreo nanti. Untuk media penyimpanan, Mi Mix 2 lebih unggul dengan memori internal 128 GB, dua kali lebih besar dari ROM 64 GB pada Razer Phone. Namun, hanya Razer Phone yang mendukung penambahan kapasitas memori internal karena dilengkapi slot kartu microSD.

Xiaomi vs Razer

Dari sektor fotografi, Razer Phone lebih unggul berkat kamera belakang ganda (kamera utama 12 MP (f/1.8) + kamera sekunder 13 MP (f/2.6)) serta kamera selfie 8 MP. Kamera sekundernya memiliki kemampuan perbesaran optik 2 kali. Di sisi lain, Mi Mix 2 hadir dengan kamera utama 12 MP dan kamera selfie 5 MP. Terkait sumber energi, Razer Phone kembali memukau kita semua dengan baterai 4000 mAh, lebih besar dari baterai 3400 mAh milik Mi Mix 2. Yang terakhir, keduanya sama-sama memiliki pemindai sidik jari yang terletak di posisi berbeda: sisi belakang (Xiaomi) vs tombol power (Razer).

Xiaomi Mi Mix 2 vs Razer Phone – Harga

Seperti dikeetahui, Xiaomi Mi Mix 2 dengan RAM 8 GB adalah varian khusus yang hadir dengan bodi ceramic. Harganya berkisar $721 (Rp 9,68 juta). Di sisi lain, harga Razer Phone adalah $699 atau Rp 99,4 juta. Dilihat dari spesifikasinya, Razer Phone lebih unggul berkat layar, kamera, serta speaker yang lebih baik, baterai lebih besar, serta ketersediaan slot kartu microSD. Dengan demikian, Razer Phone lebih layak untuk dibeli. Kalian setuju? Atau kalian memiliki pendapat berbeda?