Harga Asus Zenfone 2 Indonesia: Review

Harga Asus Zenfone 2

Asus mengumumkan ekspansi ke Eropa yang mengikutsertakan Asus Zenfone 2 ke barisan terdepannya pada 30 Maret di ajang konferensi pers spesial yang diadakan di Paris. Hal yang menjadi pusat sorotan pada pertemuan itu mencakup jajaran ponsel Asus Zenfone 2, aksesoris terbarunya Transformer Book Chi hybrids, dan ZenBooks keluaran terbarunya.

Kabar Zenfone 2 sempat diumumkan pada awal tahun ini di CES, namun Asus saat ini memutuskan untuk menerobos masuk ke pasar Eropa. Negara pertama yang sudah bisa membeli Zenfone 2 adalah Perancis. Disana terdapat berbagai macam model-model yang telah disediakan, dan Asus juga menawarkan beberapa tunjangan balik seperti pengembalian dan kebijakan ganti uang jikalau pembeli merasa tidak dipuaskan dengan Zenfone 2.

Asus zenfone 2 series - 1

Asus Transformer Book Chi T100 dan T300 juga sudah bisa dibeli. Kedua perangkat ini cukup menarik, mengingat harganya tergolong terjangkau dengan keyboard yang bisa dilepas, prosesor yang mumpuni, dan kapasitas penyimpanan yang cukup memadai.

Laptop Asus ZenBook yang terbaru sudah mulai beredar di pasaran dengan badan laptop yang ramping dilengkapi dengan hardware yang berisi.

Harga Asus Zenfone 2 ZE551ML

Asus akhirnya merilis Asus Zenfone 2 diseluruh penjuru Europa. Setelah mampu menjual 10 juta Zenfone-kebanyakan terjual di Asia (namun juga Brazil), dan menaikkan angka penjualan 1,5 juta unit tiap bulannya, Asus berasumsi bahwa Eropa juga akan tertarik dengan seri-seri Zenfone 2 pula. Seluruh tiga model Zenfone 2 sudah bisa dimiliki mereka yang berdomisili di Perancis pada tanggal 31 Maret. Meskipun kami rasa penjualannya di negara-negara Eropa lain akan segera menyusul, Asus belum menyatakan hal tersebut secara spesifik.

Versi andalan Asus Zenfone 2 yaitu dengan nomor model Zenfone2 ZE551ML, akan diberi harga 3,2 juta rupiah untuk jangka waktu terbatas, setelahnya harganya akan menjadi 4,7 juta rupiah. Perangkat tersebut didukung dengan layar IPS selebar 5,5 inci 1080p dan beroperasi menggunakan Intel Atom Z3580 SoC dengan prosesor quad-core 2,3GHz, PowerVR G6430 GPU, dan RAM bermuatan 4GB. Spesifikasi lainnya mencakup kamera belakang 13MP dengan dual-LED flash, pemotret selfie 5MP, penambahan 32GB pada ruang penyimpanan dan baterai 3,000 mAh (didukung pengisian daya baterai cepat dari 0 hingga 60% dalam 39 menit). Zenfone 2 beroperasi menggunakan Android 5,0 Lollipop dengan dilengkapi Asus ZenUI untuk tampilannya.

Asus Zenfone 2 ZE551ML memiliki inti Intel Atom Z3560 yang sedikit sederhana dalam kemampuannya, namun secara bersamaan sangat mumpuni dengan menampilkan fitur prosesor quad-core 1.8GHz, PowerVR G6430 GPU dan RAM bermuatan 2GB. Sedangkan perangkat keras yang lain semuanya sama.

Tampilan layar 5,5 inci sangat tajam dengan kedalaman 403ppi dan dilindungi dengan sehelai Corning Gorilla Glass 3 yang sangat kokoh. Sayangnya kesan pertama kami terhadap tampilan ponsel tersebut tidak secerah yang seperti ponsel-ponsel andalan masa kini, dan kinerjanya agak kurang mengesankan dibawah cahaya matahari.

Asus sudah pasti meminjam beberapa ide inspirasi dari LG G2 dan G3 sehubungan dengan fitur terpopulernya pengontrol bagian belakang . Zenfone 2 memiliki sebuah tombol pada bagian belakang, yang posisinya ada di bagian tengah, tepat dibawah kamera dan dual-LED flash nya. Yang menarik, perusahaan tersebut memutuskan untuk tetap memposisikan tombol mati-nyala pada bagian puncak (sangat sulit meraih sisi puncak dari ponsel yang panjang).

Asus Zenfone 2 Indonesia Hands on

Model yang biasanya ada pada Zenfone 2 ZE551ML hadir dengan sapuan bahan logam, yang juga tersedia dalam berbagai macam pilihan warna. Asus juga menawarkan beberapa aksesoris menarik yang dibuat dari rumah produksinya sendiri sarung lipat versi mewah (410 ribu rupiah) dan sarung lipat versi standar (546 ribu rupiah). Keduanya merupakan hasil inspirasi dari cover asli LG G3.

Asus Zenfone 2 Accessories

 

Kedua sarung lipat tersebut memiliki karateristik yang sama, seperti sama-sama bisa mengintip layar untuk notifikasi, sedangkan versi mewah dari sarung lipat ini lebih ya, premium dan maka dari itu mempunyai harga lebih mahal.

Asus zenfone 2 series - 7

Yang lebih menariknya, ada seri yang dinamakan seri Transfusion dan Illusion, yang dapat dikenali dari cover belakangnya yang unik pada Asus Zenfone 2. Model yang pertama disebutkan tadi menyuguhkan gradiasi warna ketimbang warna yang solid, sedangkan versi kedua tersebut jauh lebih unik dengan pola 3D. Memilih salah satu dari seri diatas tadi tentunya akan melambungkan harga lebih tinggi dari harga aslinya.

Bicara mengenai harga, Zenfone 2 dihargai sebesar 4,7 juta rupiah di Perancis, namun untuk saat ini dijual secara eksklusif dengan harga sekitar 4 juta rupiah. Bilamana Anda tidak menyukai ponsel yang sudah Anda beli tesebut dalam kurun waktu dua minggu- Anda dapat mengambil kembali uang Anda setelah mengembalikan ponsel tresebut.

Asus memasang kamera 13MP pada Zenfone 2 ZE551ML dengan lubang kamera f/2,0 dan peningkatan software untuk meningkatkan cahaya yang rendah dan untuk keperluan pengambilan gambar HDR. Kamera ini dapat merekam video 1080p. Pada bagian depan, terdapat kamera selfie 5MP dengan lensa 85 , yang dapat dilebarkan secar virtual hingga 140 untuk keperluan mode selfie panorama.

Inilah kilasan balik pada waktu itu- Asus menghadirkan model lampu flash eksternal kembali! Asus Zenflash menambahkan xenon flash pada bagian belakang ponsel Anda, sementara Lolliflash memberikan garansi untuk kecanggihan dual-LED dual-color flash. Pada Lolliflash, disediakan pilihan tiga multi-color filters sebagai bahan pilihan untuk kesan dramatis pada hasil gambar Anda.

Asus juga menawarkan headphone ZenEar S terbaru dan sebuah PowerBank ZenPower 10,050 mAh yang mampu mengisi daya baterai dengan lebih cepat.

Mengupas Asus Zenfone 2 ZE550ML dan Zenfone 2 ZE550CL

Harga Asus Zenfone 2 ZE550ML

Asus Zenfone 2 ZE550ML mempunyai lebar layar yang sama dengan model andalannya, namun resolusi layarnya hanya 720p, dan rangkaian chipsetnya pun berbeda- Intel Atom Z3560 berkecepatan 1.8 GHz quad-core CPU, PowerVR G6430 dan RAM bermuatan 2GB.

Ponsel tersebut sangat terlihat serupa dengan model andalan ZE551M, namun agak kurang terlihat sebagai edisi yang premium, sehingga lebih menonjolkan panel bagian belakang dengan varian warna dan tekstur yang beragam.

Cover belakang Asus Zenfone 2 ZE550ML terbuat dari plastik, namun Anda tidak akan mengiranya demikian pada saat melihatnya pertama kali. Dengan kata lain Asus sudah melakukan tugas baik dengan pemilihan bahan dan tekstur pola ponsel tersebut.

Harga Asus Zenfone 2 ZE550CL

Pada akirnya samapi juga di pembahasan ponsel yang tergolong lowest-end dari yang sudah disebutkan diatas yaitu Zenfone 2 ZE500CL, yang harganya pun paling murah dari antara keluarga Zenfone 2 lainnya, yaitu 2,4 juta rupiah.

Dengan harga yang demikian, Anda mendapatkan tampilan lebih kecil yaitu 5 inci 720p, kamera belakang 8MP, kamera depan 2MP, inti Intel Atom Z2560 dengan kecepatan 1.6 GHz, dual-core CPU, PowerVR SGX544MP2, RAM bermuatan 2GB, penyimpanan internal 8GB, dan baterai 2500 mAh. Seperti saudara-saudaranya yang lain, ia juga beroperasi menggunakan Android 5,0 Lollipop.

Meski terdapat dukungan jaringan LTE, ZE500CL paling tinggi terdapat pada posisi Cat.3 yang artinya kecepatan pengunduhan puncak secara teori berada pada 100Mbps, sedangkan versi 5,5 inci ponsel ini boleh menikati layanan Cat.4 LTE, dengan kecepatan 150Mbps.

Memang terlihat sangat mirip dengan tampilan HD ponsel 5,5 inci Zenfone 2, namun desain bezel pada layarnya tidak semenarik seperti yang terdapat pada model layar besar lainnya. Ia mempunyai kontrol pada bagian belakang dan penutup plastik pada bagian belakang yang serupa dengan Zenfone 2 ZE550ML.

Hasil Benchmark Asus Zenfone 2 dan Contoh Hasil Kamera

Kami berhasil mengetes andalan Zenfone 2 ZE551ML pada beberapa benchmark. Versi yang lebih mumpuni ini beroperasi dengan inti Intel Atom Z3580 SoC dengan prosesor quad-core berkecepatan 2.3GHz, PowerVR G6430 GPU, dan RAM bermuatan 4GB. Sedangkan tingkat model dibawahnya menggunakan inti Intel Atom Z3560 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.83GHz, PowerVR G6430 GPU, dan RAM bermuatan 2GB.

Silahkan merujuk pada hasil dibawah ini.

Angka lebih tinggi berarti lebih bagus.

Dan berikut merupakan contoh hasil kamera dari pemotret 13MP pada Zenfone 2 ZE551ML. Warna dan kontrasnya terlihat sangat bagus, begitu pula dengan rentangnya yang dinamis, namun detilnya dapat terlihat lebih baik lagi. Tentu saja, kami masih harus mengetes kemampuan kamera ini lebih jauh terlepas dari lokasi pemotretan yang biasa ini.

 

Silahkan perhatikan contoh hasil jepretan kamera dalam ruangan berikut .

Dan inilah foto-foto HDR.

Asus zenfone 2 series - 35

Harga Asus Zenfone 2

Bermain-main dengan perangkat baru selalu menjadi sesuatu yang menarik bahkan meskipun mereka sudah diluncurkan di negara bagian dunia ini. Kami berharap Asus lebih terang-terangan sehubungan dengan nama-nama konvensinya. Nama-nama model ponsel tersebut agak membingungkan dan agak sulit untuk dilacak, situasi ini hanya diperparah dengan adanya kenyataan bahwa Asus menawarkan andalan Asus Zenfone 2 ZE551ML ini dengan dua jenis hardware yang berbera dibawah satu naungan nama model ponsel yang sama.

Setelah melewati semuanya ini, sebetulnya ponsel-ponsel tersebut merupakan perangkat yang cukup kompetitif dan kami sangat menantikan untuk memposisikan mereka sebagai perangkat yang paling baik dalam ulasan yang lebih lengkap.

Asus Zenfone 2 Indonesia luncur pada 21 April

Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone 2: Produk Andalan Zenfone 2 ini Bukan Main Mengesankan!

Asus Zenfone 2 Melawan Samsung Galaxy S6: Perbandingan Kamera

Kamera High Quality Asus Zenfone 2 Contoh Gambar

Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Mi Note Ulasan: Mana yang Akan Dipilih?

Asus Zenfone 2 Melawan Galaxy Note 4: Ulasan Pertama