Mengapa Sang Legenda Nokia Kehilangan Tahtanya?

Nokia, yang menguasai pasar telepon seluler dalam waktu yang lama, menghilang selama dua tahun terakhir ini. Nah, mengapa Sang legenda kehilangan tahtanya? Mari kita cari tahu bersama.

legendary Nokia

Sang legenda Nokia – Dua kesalahan utama

Nokia memutuskan untuk menjual divisi ponselnya ke Microsoft senilai 7,2 miliar Dollar AS. Pada 2014, kontrak antara Nokia dan Microsoft pun ditandatangani. Menurut kontrak tersebut, Nokia tidak dapat lagi memproduksi dan menjual smartphone dengan mereknya. Nah, apa faktor utama dari kejatuhan Nokia? Pertama, Android dan iOS mengalahkannya. Nokia sebenarnya merupakan perusahaan yang lebih berfokus pada hardware daripada software. Keahlian Nokia adalah merancang desain dan membekali spesifikasi terbaik pada perangkat telekomunikasi produksinya, bukan merancang program yang mendukung aktivitas perangkat tersebut. Sebagai contoh, pada Nokia Lumia yang menjalankan sistem operasi Windows dari Microsoft, banyak aplikasi yang tidak tersedia, sedangkan aplikasi tersebut dapat ditemukan di Android dan iOS.

Sementara itu, Apple dan Samsung tidak hanya merancan smartphone dengan tampilan mewah dan elegan, tetapi juga berbagai aplikasi pendukung untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Hal ini mungkin yang menjadi alasan utama mengapa Nokia secara perlahan kehilangan pangsa pasarnya. Faktor lainnya adalah terlalu percaya diri. Nokia sangat bangga dan puas dengan mereknya sendiri. Beberapa tahun setelah iPhone lahir, Nokia tetap teguh bahwa desain dan ketangguhan smartphone produksinya akan selalu disukai oleh para konsumen.

legendary Nokia

Nokia sudah meluncurkan banyak ponsel yang mengecewakan para konsumen. Sistem operasi yang digunakannya juga ketinggalan zaman. Pada tahun 2008, Nokia menjadi salah satu merek paling populer dan bernilai tinggi di dunia, namun perusahaan tersebut gagal mempertahankannya. Di tengah era teknologi mutakhir, semua orang mengharapkan inovasi terbaru. Ketika sebuah perusahaan gagal menerapkan teknologi terbaaru, para konsumen akan meninggalkannya.

Sang legenda Nokia – Kebangkitan yang menjanjikan

Meskipun Nokia telah memuaskan banyak orang selama bertahun-tahun, akuisisi Microsoft atas Nokia menghebohkan para pecinta teknologi di seluruh dunia. Namun, dalam waktu dekat ini, Nokia dipastikan akan kembali dengan smartphone Android pertamanya pada awal tahun depan. Nokia tentunya akan belajar dari kesalahan masa lalu.