Masalah Saat Charging Smartphone: Apa Yang Perlu Dilakukan?

Tidak perlu khawatir atau panik bila proses charging smartphone kalian tidak berjalan semestinya. Masalah yang terjadi mungkin lebih sederhana dari yang kalian bayangkan. Kami memiliki beberapa solusi untuk mengatasi masalah saat menge-charge smartphone. Mari kita telusuri.

Charging Problem

Masalah saat charging smartphone – Solusi untuk mengatasinya.

Pertama, periksalah USB port karena bagian ini paling sering menyebabkan masalah charging smartphone. Setelah mencolok dan melepaskan kabel charger ke USB port selama berulang kali, USB port bisa menjadi longgar, sehingga kabel charger terkadang tidak terhubung dengan benar pada USB port tersebut. Untuk mengatasinya, matikan smartphone kalian, lalu lepaskan baterai (bila memungkinkan), dan gunakan tusuk gigi atau benda kecil lainnya untuk menyetel tab di dalam USB port. Setelah itu, nyalakan kembali smartphone kalian dan coba colokkan kembali kabel charger pada USB port tersebut.

Kedua, bersihkan kotoran yang melekat pada USB port. Kotoran-kotoran dapat masuk ke USB port saat kita meletakkan smartphone di dalam saku celana, tempat yang berdebu, dan lain sebagainya. Untuk mengeluarkan kotoran tersebut, kalian memerlukan alat penyedot untuk menarik kotoran-kotoran keluar dari USb port.

Charging Problem

Masalah charging smartphone – Periksa charger

Ketiga, coba ganti kabel charger. Kecuali lightning cable dari Apple, kabel charger dari merek lain pada umumnya elastis. Setelah kabel tersebut digunakan dalam waktu yang lama, terkadang kabel tersebut tidak berfungsi lagi. Coba kalian ganti kabel charger dengan yang baru. Bila setelah mengganti kabel baru dan smartphone dapat di-charge dengan normal, berarti kabel charger yang lama bermasalah.

Yang terakhir, periksa kepala charger. Terkadang USB port pada kepala charger dapat menjadi longgar setelah digunakan dalam waktu yang lama. Bila hal ini terjadi, kalian perlu membeli kepala charger yang baru. Untungnya, hal ini jarang terjadi. Sebelum membeli kepala charger baru, cobalah menge-charge smartphone lain dengan menggunakan kepala charger yang lama. Bila masih belum berhasil, berarti kepala charger tersebut rusak dan perlu diganti dengan yang baru.