LG Tanamkan Modal Untuk Pengembangan Layar OLED fleksibel

LG membuat sebuah langkah besar dengan menanamkan modal untuk pengembangan layar OLED yang akan menggantikan layar LCD pada smartphone dan berbagai perangkat lainnya.

Layar OLED

Layar OLED – Era baru perangkat fleksibel

Dapat dikatakan bahwa hampir semua smartphone saat ini menggunakan dua jenis layar yaitu IPS LCD dan AMOLED. Layar AMOLED lebih banyak digunakan smartphone Samsung dan smartphone papan atas dari merek lainnya. Di sisi lain, layar IPS LCD lebih banyak digunakan pada smartphone kelas menengah ke bawah, meskipun ada juga smartphone papan atas yang masih menggunakan jenis layar ini. Kali ini, LCD Display Co., salah satu produsen layar terbesar di dunia yang digunakan pada smartphone dan televisi, tampaknya membuat keputusan yang tepat untuk mengembangkan layar OLED.

Jadi, apa itu layar OLED? Mengapa banyak pihak yang ingin mengembangkannya? OLED (Organic Light Emitting Diodes) adalah teknologi pemancar cahaya yang menggunakan lapisan organik. Bila lapisan organik tersebut dialiri listrik, lapisan tersebut akan memancarkan cahaya. Karena lapisan tersebut dapat memancarkan cahaya, maka tidak diperlukan lampu belakang, sehingga layar berteknologi OLED akan lebih tipis dan hemat energi dibandingkan layar IPS LCD. Lebih lanjut, layar OLED bahkan dapat ditekuk, diputar, dan terlihat transparan. Bila kalian menggunakan Apple Watch, kalian akan menyadari bahwa layar OLED mampu menghasilkan gambar dengan warna dan tingkat kejernihan yang brilian.

Layar OLED fleksibel

Layar OLED bukan sesuatu yang baru karena diperkenalkan pada tahun 2001. Samsung membuatnya populer dengan memperkenalkan Samsung Galaxy S pada tahun 2010. Beberapa tahun kemudian, smartphone papan atas Samsung tampil dengan layar OLED, dengan bagian tepi yang dapat ditekuk dan membuat sisi smartphone tampak melengkung. Nah, layar OLED diyakini akan menggantikan layar Liquid Crystal Display (LCD) dalam beberapa tahun mendatang.

Layar OLED – Patut dikembangkan?

LG baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan sekitar $1,75 miliar untuk proses pengembangan layar OLED fleksibel generasi keenam di Paju, Korea Selatan. Tambahan modal tersebut akan membuat LG, penyuplai layar untuk Apple Inc., untuk meinigkatkan produksi layar OLED pada 2018 karena Apple berencana untuk beralih dari layar LCD ke OLED untuk iPhone produksinya.