Lenovo K6 Power vs Nokia 5: Kamera 13 MP + Baterai 4000 mAh

Lenovo K6 Power vs Nokia 5 adalah pertarungan seru antara dua smartphone kelas menengah dari Lenovo dan Nokia karena keduanya memiliki banyak persamaan. Namun, siapa yang lebih unggul? Mari kita cari tahu jawabannya.

lenovo-smartphone-vibe-k6-power-family-colors-1

Lenovo K6 Power vs Nokia 5

Mari kita mulai pembahasan dengan membandingkan performanya. Baik Lenovo K6 Power dan Nokia 5 sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz dan prosesor grafik Adreno 505. Tampaknya performa keduanya sama, namun kalian perlu perhatikan kapasitas RAM-nya. Lenovo K6 Power dibekali RAM 3 GB, sedangkan pesaingnya dengan RAM 2 GB. Hal ini berarti performa Lenovo K6 Power lebih lancar. Terkait media penyimpanan, kapasitas memori internal smartphone Lenovo ini dua kali lebih besar dari pesaingnya, 32 GB vs 16 GB. Meskipun demikian, keduanya dapat ditambah dengan microSD card.

Lebih lanjut, dimensi Lenovo K6 Power lebih kecil karena dibekali layar 5 inci Full HD, sedangkan Nokia 5 hadir dengan layar 5,2 inci HD. Dengan ukuran layar lebih kecil serta resolusi yang lebih tinggi, gambar yang dihasilkan Lenovo K6 Power jelas lebih menawan. Dalam hal sumber energi, tampaknya Nokia 5 kembali harus mengakui keunggulan pesaingnya karena ditenagai baterai yang lebih besar, 3000 mAh vs 4000 mAh. Sampai di sini, tampaknya Nokia 5 tak berdaya untuk melawan Lenovo K6 Power.

Lenovo K6 Power vs Nokia 5

Nah, ada beberapa hal yang membuat Nokia 5 dapat menyaingi lawannya. Pertama, keduanya memiliki pemindai sidik jari, namun terletak pada posisi yang berbeda: di sebelah bawah layar (Nokia) vs Di bawah kamera utama (Lenovo). Untuk fotografi, keduanya dilengkapi kamera utama 13 MP dengan PDAF dan kamera depan 8 MP. Namun, kamera utama Nokia 5 lebih baik karena didukung dua LED flash (LED flash pada pesaingnya) serta kamera depannya didukung autofocus. Yang terakhir, Nokia 5 telah menjalankan Android 7.0 Nougat, sedangkan Lenovo K6 Power masih dengan Android 6.0 Marshmallow.

Lenovo K6 Power vs Nokia 5 – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tampaknya Lenovo K6 Power lebih unggul hampir di semua aspek. Nah, apakah harganya juga lebih mahal? Ternyata smartphone tersebut dijual sekitar $145 (Rp 2 juta), sedangkan Nokia 5 dijual sekitar $199 (Rp 2,7 juta). Meskipun lebih mahal, kami berpikir desain Nokia 5 lebih menawan. Kalian setuju? Bila kalian berminat, kalian sudah dapat membeli Lenovo K6 Power di luar negeri. Bila kalian ingin membeli Nokia 5, kalian perlu menanti hingga kuartal kedua 2017. Jadi, smartphone mana yang menjadi pilihan kalian?