Kesan Pertama Samsung Galaxy Grand Prime 4G: Fitur 4G dengan Label Harga Terjangkau

Samsung Galaxy Grand Prime 4G merupakan ponsel kelas menegah yang cukup masuk akal bila digemari orang karena jauh dari harga yang tidak masuk akan yang kebanyakan dimiliki smartphone Android. Hadirnya Galaxy Grand Prime 4G memang bukan ponsel super dewa yang dikreasikan Samsung; namun tetap saja menjadi hal yang menyegarkan bagi perusahaan smartphone seperti Samsung untuk memproduksi perangkat mumpuni tanpa harus menghemat spesifikasinya. Tidak seperti Galaxy Grand Prime, ponsel golongan menengah ini tidak mengecewakan.
Dalam beberapa aspek, Galaxy Grand Prime 4G merupakan tawaran yang bagus. Meskipun Samsung belum mengumumkan harga ecer ponsel tersebut, kami mengharapkan perangkat tersebut dapat dihargai semurah mungkin. Nah baru-baru ini, kami sempat mendapat kesempatan untuk bermain-main dengan Galaxy Grand Prime 4G saat berlangusngnya Samsung Forum 2015. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak pembahasannya!

PRO Performa Gesit | Kamera Memuaskan | Baterai Berkapasitas Besar

KONTRA Tampilan Resolusi Rendah| Harga Tidak Sesuai Ekspektasi | OS Android 4.4 KitKat (bukan yang terbaru)

Samsung Galaxy Grand Prime 4G: Faktor Rupa, Desain, Tampilan, dan Sistem Operasi

Galaxy Grand Prime 4G terbungkus dalam plastik dengan sapuan bingkai logam yang mengelilingi perangkat tersebut. Ketika desain Galaxy Grand Prime 4G tidak sama bagusnya seperti seri terbaru samsung-Galaxy A, desain ponselnya tetap mencirikan gaya khas perusahaan tersebut.

Galaxy Grand Prime 4G memiliki casing belakang berbahan plastik, sehingga memudahkan akses Anda untuk mengeluarkan baterai. Ponsel ini sudah jelas tergolong tipis dengan ketebalan 8.6mm. Memang terasa ringan di tangan, namun untungnya masih ada ujung-ujung ponsel yang berbentuk lengkung dan ukurannya yang tergolong medium sehingga tidak terkesan tajam . Berkat desain pintar Samsung, perangkat tersebut terasa halus ditangan. Bobot ponsel sebenarnya seberat 156gr, namun Anda akan merasakan sensasi betapa entengnya ponsel tersebut bila Anda bandingkan dengan bobot Sony Xperia Z Ultra yang besar sekitar 200gr.

Galaxy Grand Prime 4G memiliki layar 960 x540 piksel dengan lebar 5,5 inci. Layar ini kurang lebih sama besarnya dengan Lenovo A600 ponsel 4G LTE paling murah di negara India. Kualitas tampilannya tidak begitu bagus, namun cukup layak untuk kualitas rata-rata. Namun kualitas layarnya tidak bisa disamakan dengan tampilan layar yang dimiliki Lenovo A6000. Jadi, sebenarnya apa yang salah? Pertama-tama resolusinya sedikit lebih rendah. Melihat dari banyak sudut pandang , tampilannya kurang begitu bagus, dan banyak warna yang terlihat lebih dibawah standar (undersaturated).

Perangkat ini diperdayai dengan Android 4.4 KitKat bukan dengan 5.0 Lollipop yang terbaru dengan disertai TouchWhiz ala Samsung . Kebanyakan softwarenya tergolong familiar, walaupun sebenarnya kami akan senang bila nanti disediakan update pada antarmuka sesegera mungkin.

Samsung Galaxy Grand Prime 4G: Prosesor, RAM dan Konektivitas

Terlepas dari ruang antarmuka yang cukup menginspirasi, skor terbesar pada penjualan Galaxy Grand Prime 4G terdapat pada prosesornya. Perangkat tersebut menggunakan prosesor Snapdragon 410 berkecepatan 1.2GHz (64-bit). Setidaknya teorinya menyebutkan bahwa prosesor tersebut selayaknya bekerja cepat dan cekatan secara alami. Pengalaman saya selama mengutak atik perangkat ini cukup memuaskan, terutama saat saya mendapat kesempatan bermain permainan berat di ponsel ini. Namun beberapa kali ponsel ini akan berhenti sejenak diantara aplikasi yang baru akan saya buka. Namun bagaimanapun, ponsel ini terasa cukup bertenaga .

14

Ponsel ini dikemas dengan RAM bermuatan 1GB dan pada dasarnya memiliki ruang penyimpanan hingga 8GB . Terdapat pula ruang penyimpanan microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan. Anda juga memang akan disuguhi kemampuan 4G, namun selama menggunakannya Anda mungkin tidak dapat menikmati fasilitas ini ketika sedang berada di Delhi and Mumbai. Ponsel ini memiliki dual-SIM.

15

Samsung Galaxy Grand Prime 4G: Kamera and Video

Kamera utama Galaxy Grand Prime 4G diprakasai sebesar 8MP, dan secara keseluruhan berfungsi dengan baik. Pengalaman antarmuka dengan kamera Samsung juga tidak ribet dan mudah dimengerti.

1713

Yang mengagetkan, hasil jepretan kamera ini juga luar biasa bagus ketika dibawa ke luar ruangan dengan kondisi yang bagus, namun ketika di dalam ruangan, kualitas gambar agak sedikit timbul bintik-bintik (noise). Pada kamera depan yang sebesar 5MP, kamera tersebut diperutukkan untuk selfie dan telepon video. Adapun kamera belakanglah yang mampu mengabadikan video Full HD secara menyeluruh. Tingkat resolusi yang dihasilkan cukup tinggi, yang artinya kamera ini cukup mumpuni untuk merekam video.

Samsung Galaxy Grand Prime 4G: Baterai and Keputusan Awal

Samsung Galaxy Grand Prime 4G mempunyai baterai 2600mAh, yang merupakan kapasitas yang wajar untuk perangkat dengan layar resolusi rendah. Sebagai tambahan, Anda juga akan diberikan fitted battery (alat memperpanjang daya isi baterai).

Samsung berencana mempromosikan Galaxy Grand Prime 4G dengan harga terjangkau, yaitu dengan 4G LTE smartphone. Keseluruhan kualitas ponsel ini tidak buruk, dan juga ada beberapa pilihan yang tersedia di pasar ponsel India yang menawarkan fasilitas LTE. Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi Note 4G merupakan contoh smartphone LTE yang cukup terkenal yang bisa Anda dapatkan dengan harga dibawah Rs. 15,000 (sekitar 3,1jt).