Keluarga Lenovo Phab 2 Resmi Meluncur

Pada ajang Lenovo Tech World 2016 yang diadakan di San Fransisco, Lenovo secara resmi memperkenalkan tiga phablet terbarunya dari keluarga Lenovo Phab 2. Apa perbedaan tiga phablet tersebut? Ikuti ulasan kami berikut ini.

Lenovo Phab 2

Lenovo Phab 2

Dari ketiga varian tersebut, Lenovo Phab 2 adalah varian yang paling rendah. Phablet ini dibekali layar 6,4 inci beresolusi 720 x 1280 piksel. Chipset yang memperkuatnya adalah MediaTek 8735 yang dipadukan dengan RAM 3 GB. Memori internalnya berkapasitas 32 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 6.0 Marshmallow.

Untuk fotografi, Lenovo Phab 2 dilengkapi kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Sebagai sumber energinya adalah baterai 4050 mAh. Tidak seperti dua varian lainnya, phablet dengan bagian belakang berbahan plastik dan bingkai berbahan logam ini tidak dibekali pemindai sidik jari pada bagian belakangnya.

Lenovo Phab 2 Plus

Varian yang kedua adalah Lenovo Phab 2 Plus, yang juga memiliki layar 6,4 inci namun resolusinya 1080 x 1920 piksel, lebih tinggi dari varian sebelumnya. Varian ini juga diperkuat chipset yang sedikit lebih tangguh yaitu MediaTek 8783 yang juga didukung RAM 3 GB. Memori internalnya juga berkapasitas 32 GB yang masih dapat ditambah lagi dengan microSD card. Pada bagian belakangnya terdapat sebuah pemindai sidik jari.

Lenovo Phab 2 1

Untuk fotografi, phablet ini dibekali dua kamera utama 13 MP yang masing-masing berdiafragma f/2.0 dan didukung laser autofocus dan LED flash. Kamera tersebut memiliki kemampuan untuk mengganti latar foto serta mengatur ulang titik fokus setelah objek dipotret. Untuk berfoto selfie, kalian dapat mengandalkan kamera 8 MP pada bagian depannya. Seperti dua varian lainnya, Lenovo Phab 2 Plus dengan bodi berbahan aluminium juga didukung Android 6.0 Marshmallow dan baterai 4050 mAh.

Lenovo Phab 2 Pro

Lenovo Phab 2 Pro adalah varian tertinggi dari dua varian sebelumnya. Layarnya juga berukuran 6,4 inci namun beresolusi 1440 x 2560 piksel. Chipsetnya adalah Snapdragon 652 yang didukung RAM 4 GB. Phablet dengan unibodi berbahan logam ini dibekali memori internal paling besar yaitu 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Spesifikasi lainnya adalah baterai 4050 mAh. Android 6.0 Marshmallow, dan pemindai sidik jari.

Lenovo Phab 2 2

Kamera utamanya beresolusi 16 MP, sedangkan kamera depannya 8 MP. Yang menjadi keunggulan dari phablet ini adalah teknologi Project Tango. Salah satunya terdapat pada kamera utama yang didukung Motion Tracking dan Depth tracking. Fitur ini membuat kalian dapat mencari lokasi dengan tampilan 3 dimensi (fungsi navigasi), memetakan situasi suatu ruangan dan tempat menjadi 3 dimensi (visualisasi), dan membuat tampilan game lebih menarik (gaming). Sebagai contoh, bila kalian ingin merenovasi rumah, kalian dapat memindai ruangan rumah terlebih dahulu, lalu meletakkan berbagai objek secara virtual pada ruangan tersebut, sehingga kalian dapat mengetahui seberapa luas ruangan kalian setelah direnovasi dan menilai apakah objek tersebut cocok sebelum kalian membelinya.

Harga dan ketersediaan

Sebagai varian terendah, Lenovo Phab 2 ditawarkan dengan harga yang tentu paling murah yaitu $199 atau Rp 2,7 juta. Harga Lenovo Phab 2 Plus sedikit lebih mahal yaitu $299 atau Rp 4,1 juta. Sementara itu, Lenovo Phab 2 Pro sebagai varian tertinggi berharga paling mahal yaitu $499 atau Rp 6,9 juta. Ketiganya akan mulai tersedia pada bulan September 2016 dan Amerika Serikat adalah negara pertama yang dapat merasakan ketangguhan tiga phablet terbaru Lenovo ini. Belum diketahui apakah ketiganya juga akan dipasarkan ke Indonesia.