Keluarga Asus Zenfone 3 RESMI Meluncur: Layar 6,8 Inci & RAM 6 GB

Kami yakin kita semua telah menanti kehadiran Asus Zenfone 3 selama beberapa bulan sejak bocoran informasinya muncul pada awal tahun ini. Kini, penantian tersebut telah berakhir karena pada hari ini, 30 Mei 2016, Asus secara resmi memperkenalkan keluarga Asus Zenfone 3 yang terdiri dari Asus Zenfone 3, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Ultra. Mari kita telusuri satu per satu spesifikasi ketiganya.

Zenfone 3

 

Asus Zenfone 3

Yang pertama adalah Asus Zenfone 3. Permukaan Bodinya dilapisi kaca 2,5D pada bagian depan dan belakangnya. Selain itu, pemindai sidik jari juga dibekali pada smartphone ini dan diletakkan pada bagian belakangnya. Tidak seperti Asus Zenfone 2, tombol pengatur volume suara dan tombol power pada Asus Zenfone 3 terdapat pada sisi kanannya.

Asus Zenfone 3 menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 506. Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan RAM dan memori internal: RAM 3 GB + ROM 32 GB dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Memori internal keduanya masih dapat ditambah dengan microSD card.

Untuk fotografi, Asus Zenfone 3 didukung kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX 298, diafragma f/2.0, laser autofocus generasi ke-2, PDAF, OIS, dan dua LED flash, serta kamera depan 8 MP dengan jangkauan sudut 85 derajat. Seperti smartphone lainnya yang meluncur pada tahun ini, Asus Zenfone 3 juga menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow. Spesifikasi lainnya adalah baterai 3000 mAh, dua slot SIM card, Bluetooth 4.2, konektivitas 4G LTE, dan USB port Type C.

Zenfone 3 series

Asus Zenfone 3 Deluxe

Model yang kedua adalah Asus Zenfone 3 Deluxe. Smartphone ini memiliki bodi yang terbuat dari logam. Tampilannya sama dengan Asus Zenfone 3, dengan pemindai sidik jari pada bagian belakang, serta tombol pengatur volume suara dan tombol power pada sisi sebelah kanan. Pada bagian depannya terdapat layar Super AMOLED 5,7 inci beresolusi Full HD.

Seperti bocooran informasi sebelumnya, smartphone ini diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 820 dan prosesor grafik Adreno 530. Para pecinta Asus pasti bangga karena smartphone ini menjadi smartphone Asus pertama yang dibekali RAM 6 GB. Memori internalnya terdiri dari dua pilihan yaitu 64 GB dan 256 GB. Namun, varian dengan ROM 256 GB baru akan hadir di kemudian hari.

Kamera utamanya beresolusi 23 MP dengan sensor Sony IMX 318, diafragma f/2.0, dua LED flash, kemampuan merekam video 4K, sedangkan kamera depannya hanya 8 MP. Baterainya berkapasitas 3000 mAh yang didukung teknologi Quick Charge 3.0. Pada sisi bawahnya terdapat USB port Type C dan five magnet speaker dengan dukungan teknologi Hi-Res Audio.

Zenfone 3 Ultra

Asus Zenfone 3 Ultra

Asus Zenfone 3 Ultra menjadi smartphone yang paling besar karena layarnya berukuran 6,8 inci dengan resolusi Full HD. Smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 652 octa-core, RAM 4 GB, dan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Pada sisi bawahnya terdapat dua speaker dengan DTS Headphone 7.1 surround sound. Kedua kameranya sama dengan yang dimiliki Asus Zenfone 3 Deluxe. Lebih lanjut, smartphone ini juga memiliki pemindai sidik jari, namun tidak terdapat pada bagian belakang, tetapi pada sebelah bawah layarnya. Baterainya juga paling besar dengan kapasitas 4600 mAh yang didukung teknologi Quick Charge 3.0.

Harga dan ketersediaan

Asus Zenfone 3 dengan ROM 64 GB ditawarkan mulai dari$249 atau sekitar Rp 3,5 juta, sedangkan varian dengan ROM 256 GB masih belum diketahui. Asus Zenfone 3 Deluxe dengan RAM 6 GB ditawarkan mulai dari $499 atau sekitar Rp 6,9 juta. Sementara itu, harga Asus Zenfone 3 Ultra dengan layar 6,8 inci mulai dari $479 atau Rp 6,6 juta. Sayangnya, Asus belum memberikan informasi kapan semua smartphone terbarunya ini akan mulai tersedia. Kita nantikan saja.