iPhone 7 Plus vs Galaxy Note 7: Perang Dua Monster

iPhone 7 Plus baru saja diperkenalkan oleh Apple bersama iPhone 7. Tampaknya menarik untuk membandingkan iPhone 7 vs Galaxy Note 7 yang juga merupakkan smartphone tangguh yang diperkenalkan Samsung pada bulan Agustus yang lalu.

iPhone 7 Plus vs Samsung Galaxy Note 7

iPhone 7 Plus vs Galaxy Note 7 – Pertarungan dua monster

Pertama, mari kita perhatikan layarnya terlebih dahulu. iPhone 7 Plus hadir dengan layar Retina berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD. Sementara itu, Galaxy Note 7 tampil dengan layar Super AMOLED berukuran 5,5 inci dengan resolusi Quad HD. Dari aspek layarnya, tampaknya smartphone Samsung ini lebih baik dari pesaingnya. Namun, teknologi 3D Touch yang disisipkan pada layar iPhone 7 Plus membuat smartphone Apple ini memiliki keunggulan tersendiri. Terkait sumber energinya, baterai Galaxy Note 7 berkapasitas 3500 mAh, sedangkan kapasitas baterai iPhone 7 Plus masih belum diketahui.

Kali ini, mari kita bandingkan performa iPhone 7 Plus vs Galaxy Note 7. iPhone 7 Plus memiliki RAM yang lebih kecil dari pesaingnya, 3 GB vs 4 GB. Terkait chipsetnya, iPhone 7 Plus diperkuat Apple A10 Fussion, sedangkan Galaxy Note 7 dengan dua pilihan chipset, Snapdragon 820 atau Exynos 8890. Menurut Geekbench, Snapdragon 820 dan Exynos 8890 kalah tangguh dari Apple A10 dalam hal performa single-core. Di sisi lain, untuk performa multi-core, Snapdragon 820 dan khususnya Exynos 8890 mampu mengalahkan Apple A10.

iPhone 7 Plus vs Samsung Galaxy Note 7

Untuk fotografi, Galaxy Note 7 dilengkapi kamera utama 12 MP, namun iPhone 7 Plus dilengkapi dua kamera utama 12 MP dengan kemampuan perbesaran optik dua kali dan empat LED flash, tentunya menjadi kelebihan dari smartphone Apple ini. Lebih lanjjut, resolusi kamera depan iPhone 7 Plus bahkan lebih tinggi dari pesaingnya, 7 MP vs 5 MP. Untuk media penyimpanan, tersedia tiga pilihan memori internal pada iPhone 7 Plus yaitu 32 GB, 128 GB, dan 256 GB. Di sisi lain, hanya ada satu pilihan memori internal pada Galaxy Note 7 yaitu 64 GB, namun masih dapat ditambah dengan microSD card hingga 256 GB.

iPhone 7 Plus vs Galaxy Note 7 – Perang spesifikasi mutakhir

Masih ada hal yang lain yang perlu diperhatikan dalam pertarungan iPhone 7 Plus vs Galaxy Note 7. Keduanya sama-sama memiliki fitur kedap air dan debu, namun fitur ini lebih baik pada Galaxy Note 7 karena memungkinkan penggunanya untuk menulis dengan stylus pen di bawah permukaan air. Selain itu, keduanya juga menawarkan pemindai sidik jari, namun sistem keamanan Galaxy Note 7 lebih baik karena dibekali pemindai iris mata. Di sisi lain, untuk kualitas suara, iPhone 7 Plus lebih baik berkat speaker stereo di bagian atas dan bawah, sedangkan Galaxy Note 7 hanya memiliki satu speaker. Secara umum, dalam hal spesifikasi, Galaxy Note 7 lebih unggul. Namun, bila kalian suka fotografi, iPhone 7 Plus adalah pilihan yang lebih baik.

Untuk harganya, iPhone 7 Plus ditawarkan dengan harga mulai dari $769 (Rp 10,2 juta), $869 (Rp 11,5 juta), dan $969 (Rp 12,8 juta), mulai dari varian dengan ROM terkecil hingga terbesar. Di sisi lain, harga Galaxy Note 7 sekitar Rp 10,8 juta. Nah, setelah melihat perbandingan keduanya, mana yang kalian pilih?