Ingin Baterai Smartphone Tahan Lama? Inilah 5 Tips Mudah Untuk Kalian

Baterai adalah salah satu komponen penting pada sebuah smartphone. Oleh karena itu, banyak konsumen sangat peduli untuk menjaganya agar tetap dalam kondisi baik. Untuk melakukannya, kami memiliki 5 tips mudah untuk kalian.

Baterai Smartphone

1 Notifikasi pada lock screen

Fitur notifikasi pada lock screen sangat membantu untuk menghemat baterai smartphone, terutama untuk smartphone yang menggunakan layar berteknologi AMOLED. Kalian dapat melihat semua notifikasi tanpa perlu menghidupkan layar terlebih dahulu. Meskipun kalian perlu menghidupkan layar, waktu yang diperlukan akan lebih cepat dari biasanya.

2 Airplane mode sangat berguna

Karena baterai smartphone akan terus berkurang bila smartphone tersebut terus mencari koneksi internet atau jaringan seluler, kalian dapat mengaktifkan airplane mode ketika kalian sedang tidur. Atau solusi lainnya adalah mengaktifkan sleep atau blocking mode untuk membatasi aktivitas smartphone kalian pada waktu tertentu, seperti ketika kalian sedang tidur, mengadakan rapat, dan lain-lain.

3 Pastikan suhu smartphone tetap sejuk

Tidak peduli jenis baterai smartphone kalian, suhu tinggi dapat merusaknya. Sebagai akibatnya, daya tahan baterainya akan berkurang. Bila kalian ingin baterai smartphone dapat bertahan lama, lakukan apa yang disarankan banyak orang, seperti pastikan smartphone kalian dalam keadaan sejuk, hindari menge-charge smartphone di dalam mobil yang suhunya panas, hindari menggunakan smartphone yang sedang di-charge, jangan menge-charge smartphone yang baru saja digunakan dalam durasi waktu yang lama, dan lain sebagainya.

4 Berhati-hati dengan charger dan alat pengisi daya portabel yang digunakan

Alat pengisi daya portabel adalah perangkat yang sangat mudah digunakan untuk menge-charge smartphone kalian sewaktu-waktu. Perangkat tersebut juga ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Namun, perhatikan merek dari alat pengisi daya portabel yang kalian gunakan. Bila kalian menggunakan alat pengisi daya portabel dari merek yang tidak terpercaya, hal ini dapat merusak baterai smartphone kalian. Hal terburuk yang mungkin terjadi adalah smartphone kalian dapat meledak.

Baterai Smartphone

5 Jangan terkena air

Bila smartphone kalian tidak dibekali fitur kedap air, jangan biarkan smartphone tersebut masuk ke dalam air, terutama yang menggunakan baterai tanam atau yang tidak dapat dilepas pasang karena kalian tidak dapat melepaskan baterai tersebut untuk mengeringkannya. Salah satu langkah terbaik untuk menjaga daya tahan baterai agar tetap lama adalah hindari smartphone kalian dari air.