Informasi Awal Xiaomi Redmi 5: RAM 4 GB + Kamera 16 MP + Harga MURAH

Selain generasi kelima Redmi Note, kita juga akan melihat kelahiran generasi kelima keluarga Redmi. Ya, Xiaomi Redmi 5 adalah smartphone yang akan kami bahas dalam artikel ini. Bocoran spesifikasi serta harganya telah beredar. Ingin tahu?

Xiaomi Redmi 5 – RAM 4 GB dan banyak lagi

Keluarga Redmi adalah andalan Xiaomi untuk bertarung di segmen smartphone berharga murah dengan spesifikasi kelas bawah. Dan Redmi 5 tentunya akan menjadi senjata terbaru Xiaomi. Anggota generasi kelima dari keluarga Redmi ini tampaknya sudah dinantikan pecinta Xiaomi. Ya, tak perlu khawatir. Bocoran desain, spek, serta harganya telah beredar di internet. Desainnya terlihat mirip dengan Redmi 4X. Pada sisi belakang, terdapat kamera utama beserta LED flash di pojok kiri atas serta sebuah pemindai sidik jari. Dari gambar, tampaknya Xiaomi menyembunyikan garis antena di sisi atas dan bawah.

Sementara itu, pada sisi depan, terdapat layar 5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD) dengan tiga tombol kapasitif di sebelah bawahnya. Seperti biasa, earpiece dan kamera untuk berfoto selfie terletak di sebelah atas layarnya. Menariknya, kamera utamanya beresolusi 16 MP, sedangkan kamera depannya tetap 5 MP seperti pendahulunya. Tak hanya itu, baterainya kabarnya berkapasitas 3680 mAh (didukung Quick Charge 3.0). Baterainya tentu lebih kecil dari baterai Redmi 4X yang berkapasitas 4100 mAh.

Dalam hal performa, Xiaomi dilaporkan akan membekali chipset Snapdragon 625 atau 630. Penggunaan chipset yang pertama tidak mengejutan karena Redmi 4 Prime telah diperkuatnya. Bila benar-benar hadir dengan chipset Snapdragon 630, Redmi 5 akan menjadi salah satu smartphone dengan chipset tersebut yang ditawarkan dengan harga termurah. Lebih lanjut, Redmi 5 akan tersedia dalam tiga varian: RAM 3 GB + ROM 16 GB, RAM 3 GB + ROM 32 GB, dan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Dua varian pertama akan diperkuat chipset Snapdragon 625, sedangkan varian ketiga kemungkinan hadir dengan chipset Snapdragon 630. Sistem operasi yang dijalankannya Android 7 Nougat dengan antarmuka MIUI 8 atau mungkin saja MIUI 9 yang akan segera dirilis.

Xiaomi Redmi 5 – Perkiraan harga

Bagaimana dengan harganya? Varian pertama dan kedua ditawarkan mulai dari $125 (Rp 1,6 juta) dan $152 (Rp 2 juta) berturut-turut. Sementara itu, harga varian ketiga dengan RAM 4 GB dirumorkan berkisar $191 (Rp 2,55 juta). Harga ini sangat fantastis mengingat spesifikasi yang dimilikinya cukup menawan. Kita tinggal mennati kapan Xiaomi akan meluncurkan Redmi 5.