Huawei Nexus 6P Dijual Mulai dari Rp 7,3 Juta

Satu tahun setelah Google Nexus 6 diperkenalkan, Google kembali meluncurkan phablet terbarunya yang diberi nama Nexus 6P. Smartphone ini memiliki layar berukuran 5,7 inci dan kali ini tidak diproduksi oleh Motorola melainkan oleh Huawei. Ini menjadi smartphone Nexus pertama dengan bodi berbahan logam dan memiliki ketebalan 7,3 mm (sekitar 3 mm lebih tipis dari model sebelumnya).

Google dan Huawei mempersiapkan Nexus 6P sebagai penantang phablet dari merek-merek papan atas lainnya. Layarnya berukuran 5,7 inci AMOLED dengan resolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel). Smartphone ini memiliki dimensi 159,4 x 77,8 x 7,3 mm, sedikit lebih panjang dari iPhone 6 Plus.

Nexus 6P
Nexus 6P

Kamera utamanya beresolusi 12,3 MP dengan ukuran diafragma f/2.0. Kamera ini dilengkapi 2 LED flash untuk memotret foto berkualitas baik pada tempat dengan tingkat cahaya yang kurang. Kamera tersebut juga mampu merekam video dengan resolusi 2160p. Sementara itu, kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan diafragma f/2.4.

Sistem operasi Android 6.0 Marshmallow memulai debutnya melalui Nexus 6P yang sudah dibekali pemindai sidik jari. Pemindai sidik jari tersebut terletak di bagian belakang, tidak seperti iPhone yang terletak di bagian depan.

Salah satu fitur Android Marshmallow, Doze, dapat memperpanjang daya tahan baterai karena mampu mengurangi penggunaan energi baterai ketika Nexus 6P dalam keadaan siaga. Perlu diketahui baterai yang digunakan Nexus 6P berkapasitas 3450 mAh, lebih besar dari Nexus 6 maupun Galaxy Note 5. Fitur wireless charging yang dibekali pada smartphone Nexus model sebelumnya tidak ditemukan pada smartphone ini.

Fitur wireless charging digantikan oleh USB port Type C yang memiliki kemampuan mempercepat proses charging. Anda cukup menge-charge selama 10 menit dan Nexus 6P dapat digunakan hingga 7 jam.

Nexus 6P diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 810 versi 2.1 yang telah diperbaharui. Chipset terbaru ini akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik pada layar Quad HD dibandingkan Snapdragon 805 pada Nexus 6. Lebih lanjut, chipset tersebut didukung oleh RAM berkapasitas 3GB.

Nexus 6P kini tersedia dalam pilihan memori internal berkapasitas 128 GB, cocok untuk Anda yang menginginkan smartphone dengan kapasitas memori internal besar. Untuk Anda yang ingin membeli Nexus 6P dengan harga yang lebih murah, tersedia varian dengan memori internal 32GB dan 64GB. Sayangnya, Nexus 6P tidak dilengkapi slot microSD card seperti yang telah diperkirakan sebelumnya.

Nexus 6P

Anda dapat memiliki Nexus 6P dengan berbagai pilihan warna: plain Aluminium, Graphite, Frost, dan Gold. Sayangnya, pilihan warna Gold hanya tersedia secara eksklusif di Jepang saat ini.

Untuk harganya, Nexus 6P dengan memori 32 GB ditawarkan sekitar Rp 7,3 juta, sedang varian memori 64 GB sekitar Rp 8 juta, dan varian 128 GB sekitar Rp 9,5 juta.

Apakah menurut Anda harga tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki Nexus 6P?