Huawei Mate 9 Resmi Meluncur: RAM 6 GB + 4000 mAh + Kamera Ganda

Pada sebuah acara di Kota Munich, Jerman, Huawei secara resmi memperkenalkan dua smartphone andalan terbarunya untuk bersaing di kelas papan atas. Keduanya adalah Huawei Mate 9 dan Mate 9 Porsche Design. Wow!! Mari kita telusuri keduanya.

Huawei Mate 9 Resmi Meluncur

Huawei Mate 9

Pertama, mari kita bahas Huawei Mate 9 terlebih dulu. Dari namanya, sangat jelas bahwa smartphone ini adalah penerus Huawei Mate 8 yang meluncur pada November 2015. Sebagai penerusnya, Huawei Mate 9 membawa banyak perubahan yang berbeda dari smartphone Huawei lainnya. Hal menarik pertama dari smartphone ini adalah penggunaan chipset terbaru HiSilicon untuk pertama kalinya yaitu Kirin 960 octa-core 2,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 4 GB dan memori internal 64 GB (didukung slot microSD card).

Selain itu, kemampuan fotografinya juga tidak boleh diremehkan. Ya, Huawei Mate 9 dibekali kamera utama ganda generasi kedua dari Leica, terdiri dari sensor hitam putih 20 MP (f/2.2) dan sensor berwarna 12 MP (f/2.2). Kedua sensor tersebut didukung OIS, 4 hybrid autofocus (laser, phase-detection, depth, dan contrast detection), dua LED flash, Hybrid Zoom, serta kemampuan merekam video 4K. Luar biasa!! Sementara itu, untuk berfoto selfie, disediakan kamera depan 8 MP yang juga didukung autofocus. Kalian yang suka dengan fotografi diyakini akan suka dengan smartphone ini.

Huawei Mate 9 4

Selain kamera 8 MP, pada bagian depannya terdapat layar 5,9 inci beresolusi Full HD yang dilindungi kaca 2,5D. Di sebelah bawah kamera utamanya terdapat pemindai sidik jari. Lebih lanjut, sebagai sumber energinya adalah baterai 4000 mAh didukung teknologi Super Charge. Sistem operasi yang dijalankannya adalah Android 7.0 Nougat dengan antarmuka Emotion UI 5.0. Perlu diketahui bahwa Huawei Mate 9 tersedia dalam 6 enam pilihan warna yaitu Black, Space Grey, Moonlight Silver, Champagne Gold, Mocha Brown, dan Ceramic White.

Huawei Mate 9 Porsche Design

Smartphone yang kedua adalah Huawei Mate 9 Porsche Design. Smartphone ini lebih kecil dengan layar 5,5 inci beresolusi Quad HD. Menariknya, layar tersebut memiliki dua sisi lengkung seperti Mi Note 2 dan menjadi yang pertama dari Huawei. Tidak seperti saudaranya yang dibekali RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, varian Porsche Design ini dibekali RAM 6 GB dan memori internal 256 GB (tanpa slot microSD card). Selain itu, di bawah layarnya, kalian dapat menjumpai tombol home fisik. Spesifikasi lainnya sama seperti yang dimiliki saudaranya. Yang terakhir, varian ini hanya tersedia dalam warna Graphite Black saja.

Huawei Mate 9 3

Huawei Mate 9 dan Mate 9 Porsche Design – Harga dan ketersediaan

Dari segala spesifikasi di atas, harga kedua smartphone tersebut tentu tidak murah. Huawei Mate 9 akan ditawarkan dengan harga sekitar $773 atau Rp 10 juta, sedangkan varian Porsche Design dengan harga yang jauh lebih mahal, berkisar $1544 atau Rp 20 juta.