Huawei Mate 8 vs Lenovo Vibe X3: Pertarungan Smartphone Premium

Keduanya adalah smartphone baru dan hangat dari masing-masing produsen saat ini. Lalu, mari kita perhatikan bagaimana mereka bersaing satu sama lain. Ini adalah pertarungan smartphone premium di awal tahun 2016. Smartphone mana yang akan menjadi pemenangnya?

Lenovo Vibe X3 vs Lenovo Vibe S1

Huawei Mate 8 vs Lenovo Vibe X3 – Huawei atau Lenovo pemenangnya?

Pertama, mari kita lihat spesifikasinya. Secara umum, keduanya merupakan smartphone premium karena memiliki banyak fitur tangguh dan fantastis. Berbicara tentang persamaannya, kedua smartphone ini memiliki RAM 3 GB (meskipun Huawei Mate 8 menawarkan varian RAM 4 GB), kamera depan 8 MP untuk berfoto selfie, slot microSD card untuk meningkatkan kapasitas memori internal hingga 128 GB, pemindai sidik jari, dan teknologi fast charging. Inilah beberapa persamaan spesifikasinya. Bagaimana dengan perbedaannya?

Sangat mudah dikenali bahwa Huawei Mate 8 lebih tipis daripada Lenovo Vibe X3 serta tampilan keduanya sangat mudah dibedakan. Bila melihat Lenovo Vibe X3, kita akan terkesan dengan dua speaker pada bagian depannya serta lengkungan pada sisi atas dan bawahnya. Sementara itu, sisi-sisi Huawei Mate 8 tidak terdapat lengkungan sama sekali. Jadi, bila Anda memilih smartphone hanya dari tampilan luarnya saja, Anda dapat memilih salah satu yang terlihat lebih menarik. Bila tidak, mungkin spesifikasi dan harganya dapat membantu Anda untuk memutuskannya.

Huawei Mate 8 vs Lenovo Vibe X3

Pertama, sangat jelas bahwa Huawei Mate 8 dengan layar 6 inci beresolusi Full HD lebih besar dibandingkan pesaingnya dengan layar 5,5 inci beresolusi Full HD. Untuk prosesor, smartphone Huawei diperkuat chipset HiSilicon Kirin 950 buatan Huawei yang lebih tangguh dari Snapdragon 808 pada Lenovo Vibe X3. Lebih lanjut, Huawei Mate 8 bahkan sudah dibekali sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang tentunya memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan Android 5.1 Lollipop pada Lenovo Vibe X3. Namun demikian, Lenovo Vibe X3 juga mempunyai senjata khusus untuk mengalahkan Huawei Mate 8. Meskipun baterainya hanya 3600 mAh, lebih kecil dari baterai Huawei Mate8 yang berkapasitas 4000 mAh, Lenovo Vibe X3 dapat di-charge lebih cepat (60% dalam 30 menit vs 37% dalam 30 menit). Selain itu, smartphone Lenovo ini juga memiliki kamera utama 21 MP, teknologi audio Dolby Atmos, dan audio Hi-Fi, sedangkan Huawei Mate 8 dibekali kamera utama 16 MP dan tanpa teknologi khusus untuk meningkatkan kualitas audionya.

Huawei Mate 8 vs Lenovo Vibe X3 – Harga dan ketersediaan

Baik Huawei Mate 8 maupun Lenovo Vibe X3 diperkenalkan pada bulan November 2015, namun Huawei Mate 8 edisi internasional baru saja diluncurkan pada ajang CES 2016 tanpa ada perbedaan dibandingkan varian yang tersedia di China. Harga Huawei Mate 8 berkisar $645 atau Rp 9 juta untuk varian dengan RAM 3 GB + ROM 32 GB. Harga ini jauh lebih mahal dari Lenovo Vibe X3 karena hanya berkisar $390 atau Rp 5,5 juta untuk varian dengan ROM 32 GB dan $470 atau Rp 6,5 juta untuk 64 GB. Ya, harga juga merupakan hal yang perlu Anda pertimbangkan. Lalu, smartphone mana yang Anda pilih?